[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

12

[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi yang salah. Faktanya, belum terbukti secara ilmiah bahwa campuran air kelapa, air perasan jeruk nipis, dan garam dapat menghilangkan virus Covid-19 dalam waktu 1 jam setelah diminum.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Facebook

[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

https://archive.fo/5Dis6

====

Narasi:

“Yth Bapak / Ibu, Mhn izin Kami Share informasi, semoga bermanfaat..🙏🙏
Tolong bantu dikasih tahu ke saudara² kita yg kena covid 19..
Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur..
🥥 1 biji air kelapa muda
🍈 1 biji jeruk nipis diperas
🥄1 sendok makan garam
Semuanya diaduk dan diminum airnya… dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang….
Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat..
Info dari teman yg kakaknya di kota Bau Bau Sulawesi Tenggara.. obat herbal ini sangat manjur…..
Bisa di infokan ke saudara,teman atau keluarga kita terima kasih…..
Indahnya Berbagi 👍👍🙏🏻🙏”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Ita Yurita mengunggah narasi yang menginformasikan bahwa campuran air kelapa, air perasan jeruk nipis, dan garam dapat menghilangkan virus Covid-19 dalam waktu 1 jam setelah diminum.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi pada unggahan tersebut tidak benar. Dikutip dari portal Liputan6, Farmakolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan kabar tersebut belum terbukti secara klinis, sehingga masyarakat diminta untuk tidak mudah menerima informasi yang belum terbukti itu.

“Jika ada kabar-kabar begitu saja yang belum ada buktinya, sebaiknya tidak langsung diterima,” kata Zullies saat berbincang dengan Liputan6.com.

Guru Besar Fakultas Farmasi UGM tersebut mengungkapkan, menemukan obat Covid-19 itu bukan hal yang mudah, harus dilakukan penelitian mendalam untuk membuktikannya.

“Jika kebetulan saja sembuh ketika minum air kelapa, ya mungkin saja. tetapi, apakah bisa lebih cepat sembuh dari pada yang tidak minum? apakah sudah ada buktinya?,” tutur Zulies.

Menurut Zullies, untuk memastikan efek suatu terapi atau obat tentu harus ada disainnya dan ada pembandingnya. “Jika hanya sekelompok orang yang minum air kelapa bisa sembuh, apakah sekelompok orang lain yang tidak minum juga sembuh? ada perbedaan kecepatan sembuhnya tidak?,” papar Zullies.

Sebagai tambahan, Epidemiolog sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 RS UNS, Tonang Dwi Ardyanto, mengatakan campuran air kelapa muda, jeruk nipis, dan garam dapat membuat tubuh kita kuat melawan virus. “Namun, dia bukan obat. Campuran minuman itu bukan obat yang secara spesifik berguna untuk melawan suatu penyakit,” kata Tonang kepada tim Cek Fakta Kompas.

Ia menjelaskan air kelapa muda, perasan jeruk nipis, dan garam memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, pun bila dikonsumsi terpisah. Air kelapa muda sudah lama dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang bermanfaat menjaga fungsi-fungsi tubuh dalam posisi seimbang. Utamanya, pasokan energi dan keseimbangan elektrolit. Air kelapa muda juga mengandung khasiat sebagai antidotum (anti-racun) untuk menetralisir racun. Sementara, jeruk nipis dapat menurunkan kolesterol dan garam yang dikonsumsi dalam ukuran yang cukup dapat menjadi nutrisi yang baik bagi tubuh.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Ita Yurita dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan karena belum terbukti secara ilmiah bahwa campuran air kelapa, air perasan jeruk nipis, dan garam dapat menghilangkan virus Covid-19 dalam waktu 1 jam setelah diminum.

====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4332289/cek-fakta-tidak-ada-bukti-air-kelapa-dicampur-jeruk-nipis-dan-garam-manjur-menyembuhkan-penderita-covid-19

[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/01/140345065/hoaks-campuran-kelapa-muda-jeruk-nipis-garam-lenyapkan-virus-corona?page=all#page2

[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

https://turnbackhoax.id/2020/08/16/salah-air-kelapa-muda-jeruk-nipis-dan-garam-obat-covid-19/

[SALAH] Campuran Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, dan Garam Dapat Mematikan Virus Corona

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here