[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

48

[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, Caresse Crosby (atau Mary Phelps Jacob) adalah penemu bra modern asal New Rochelle, Amerika Serikat dan menerima paten atas penemuannya pada 3 November 1914 dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah/False Context

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/pJOZO

[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

====

Narasi:

“Kira Kira Apa Tanggapan Raisa & Sherina Jika Barang Ini Juga Ikut Di Boikot..??
@raisa6690 @sherinasinna”

Narasi dalam foto:

“Penemu BH atau BRA adalah Caresse Crosby, di perancis. Jadi kalo mau boikot produk perancis, Jangan beli atau pake BH / BRA, Bagaimana?”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Rahmad Saiful Hasan mengunggah foto yang di dalamnya terdapat narasi bahwa penemu bra adalah Caresse Crossby di Perancis pada 3 November 2020. Unggahan tersebut telah mendapat respon sebanyak 24 retweet, 25 balasan, dan 206 suka.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi di dalam foto tersebut tidak tepat. Caresse Crosby (atau Mary Phelps Jacob) adalah penerima paten pertama untuk bra modern asal New Rochelle, Amerika Serikat. Mengutip dari Wikipedia, pada 12 Februari 1914, Caresse Crossby mengajukan paten atas penemuannya “Backless Bra” ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Pada 3 November 1914, kantor paten menyetujui permintaan Caresse Crossby dan menjadikannya sebagai orang pertama yang mematenkan bra di Amerika Serikat. Dari sana dia memulai Fashion Form Brassiere Company di Boston, Amerika Serikat dan mempekerjakan wanita untuk memproduksi bra nirkabel.

Dengan demikian, unggahan akun Twitter Rahmad Saiful Hasan dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context karena Caresse Crosby (atau Mary Phelps Jacob) adalah penemu bra modern asal New Rochelle, Amerika Serikat dan menerima paten atas penemuannya pada 3 November 1914 dari Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

=====

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Caresse_Crosby

[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

https://www.washingtonpost.com/local/caresse-crosby-who-claimed-the-invention-of-the-bra-was-better-known-for-her-wild-life/2014/11/09/99c55f7e-3f39-11e4-b03f-de718edeb92f_story.html

[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

https://www.mentalfloss.com/article/71612/caresse-crosby-brazen-inventor-brassiere

[SALAH] Caresse Crosby Penemu Bra di Perancis

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here