[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

20

[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi yang salah. Faktanya, hampir 1 juta orang China telah diberi vaksin eksperimental COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinopharm di bawah skema penggunaan darurat negara.
Selengkapnya di bagian penjelasan.

Iklan Layanan Masyarakat

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Facebook
https://archive.md/L8GUi

[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

====

Narasi:
“…or do they already have a vaccine???”

Narasi dalam foto:
“WHY DID CHINA RECOVER WITHOUT A VACCINE? AND WHY DOESN’T ANYBODY TALK ABOUT IT?”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Trump Nation mengunggah foto yang berisi narasi bahwa China sembuh dari COVID-19 tanpa vaksin dan tidak ada yang membicarakan hal tersebut. Unggahan yang diunggah pada 2 Desember 2020 mendapat respon sebanyak 2,4 ribu reaksi, 538 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 2 ribu.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan tersebut berisi informasi yang salah. Mengutip dari artikel South China Morning Post yang terbit pada 19 November 2020, hampir 1 juta orang China telah diberi vaksin eksperimental COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinopharm di bawah skema penggunaan darurat negara. China menjadi satu dari dua negara yang diketahui telah menggunakan vaksin yang masih menjalani uji klinis kemanjuran dan keamanannya.

“Dalam hal penggunaan darurat, vaksin telah diterapkan pada hampir satu juta orang dan belum ada satu kasus pun dari kejadian buruk yang serius. Orang-orang hanya mengalami gejala ringan, ” ungkap Liu Jingzhen, ketua Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm).

Mengutip dari Vox, orang-orang dalam pekerjaan dan demografi yang berisiko tinggi menjadi penerima prioritas vaksin dalam penggunaan darurat.

“Untuk mencegah penyebaran penyakit di musim gugur dan musim dingin, kami sedang mempertimbangkan perluasan yang moderat dalam program (penggunaan darurat),” ujar Zheng Zhongwei, pejabat pemerintah yang bertugas mengawasi pengembangan vaksin di China pada bulan Agustus.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Trump Nation dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan sebab hampir 1 juta orang China telah diberi vaksin eksperimental COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinopharm di bawah skema penggunaan darurat negara.

====

Referensi:

https://www.scmp.com/news/china/society/article/3110519/china-sinopharms-coronavirus-vaccine-taken-about-1-million

[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

https://www.vox.com/2020/11/25/21612338/does-china-have-a-covid-19-vaccine-1-million-sinopharm-sinovac

[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

https://www.politifact.com/factchecks/2020/dec/04/viral-image/china-has-vaccine-and-new-covid-19-cases-have-rece/?fbclid=IwAR2YDKIGH7AeRPTecCeXh29qZFU4K4vMjdRdQyfZElfMkVBueHVwXqO-TTA

[SALAH] China Sembuh dari COVID-19 Tanpa Vaksin

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here