[SALAH] Corona Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi

13

[SALAH] Corona Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Komisi Internasional untuk Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi menegaskan bahwa klaim virus corona tidak ada dan merupakan cara untuk menutupi penyakit dari radiasi adalah menyesatkan.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.vn/hsSm2

= = = = =

[NARASI]:
Covid is smoke screen for radiation sickness

Artinya: Covid adalah tabir asap untuk penyakit radiasi

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook bernama Katie Mui mengunggah video berdurasi 7 menit 53 detik yang memperlihatkan seorang wanita di jalan yang sedang berbicara mengenai Corona yang merupakan sebuah kedok dari penyakit radiasi.

Setelah ditelusuri, pernyataan yang dilontarkan wanita tersebut dikatakan ahli menunjukkan penyakit yang dinamakan pneumonitis radiasi. Gejala penyakit radiasi pneumonitis dan COVID-19 memang serupa, tetapi keduanya sama sekali berbeda.

Pneumonitis radiasi adalah suatu bentuk peradangan paru-paru yang dapat muncul dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bulan setelah seseorang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker. Gejala berupa sesak napas, batuk dan demam – mirip dengan COVID-19 penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Ahli Onkologi Radiasi Narek Shaverdian dan Annemarie Fernandes Shepherd, dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center berkata, “Mereka disebabkan oleh etiologi yang sangat berbeda,” Shepherd mengatakan kepada Reuters, dengan Shaveridan menambahkan bahwa pneumonitis radiasi “tidak ada hubungannya dengan virus”.

Sehingga, klaim mengenai Covid yang merupakan kedok dari penyakit radiasi merupakan hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-radiation/fact-check-covid-19-is-not-a-smoke-screen-for-radiation-poisoning-idUSKBN27Y2Y8

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-soal-covid-19-sebagai-kedok-untuk-tutupi-penyakit-radiasi-1ucO4OsjIyL/full

[SALAH] Corona Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi
[SALAH] Corona Adalah Kedok dari Penyakit Radiasi

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here