[SALAH] DESAIN IBU KOTA BARU MIRIP LAMBANG ISRAEL

31

Debunk ini berisi bantahan terkait narasi sebuah akun facebook yang menyebut desain Ibu Kota baru di Kalimantan Timur mirip dengan lambang Israel, yaitu Bintang Daud. Faktanya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pemerintah telah menetapkan desain khusus untuk ibu kota negara baru. desain itu menggambarkan kelima sila dalam pancasila. Nantinya, Monumen Pancasila itu lokasinya tak akan jauh dari Istana Presiden. (Selengkapnya di bagian penjelasan).

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

“Breaking news ,….ini la ibu kota baru ala2 planga plongo Persis sm dgn bendera Israel,.. Pantas mereka benci islam, planga plongo syuting Sholat hnya Kedok, cebong gk Sadar2”.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook membagikan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa adanya simbol yang menyerupai lambang Israel atau yang lebih dikenal dengan Bintang Daud dalam desain Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Bentuk yang dimaksud oleh akun tersebut yaitu rancangan Monumen Pancasila yang akan dibangun di tengah lapangan ibu kota baru RI yang berbentuk seperti bintang jika dilihat dari sudut atas.

Setelah ditelusuri, kabar tentang desain ibu kota baru terkait dengan lambang Bintang Daud, seperti dalam bendera Israel, sama sekali tak berdasar.

Dilansir dari kumparan.com, Dalam dokumen berjudul ‘Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)’, disebutkan, akan ada sejumlah fasilitas modern di ibu kota baru yang terletak di Kalimantan itu. Di antaranya, ketersediaan lapangan dan monumen Pancasila, fasilitas Moda Raya Terpadu (MRT), hingga kota berkonsep smart city.

Dalam dokumen itu, dijelaskan bahwa Lapangan dan Monumen Pancasila itu didesain untuk untuk menggambarkan kelima sila dalam pancasila. Nantinya, Monumen Pancasila itu lokasinya tak akan jauh dari Istana Presiden.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pemerintah telah menetapkan desain khusus untuk ibu kota negara baru bila seandainya jadi berpindah dari Jakarta ke luar Jawa. Konsep yang diusung adalah Pancasila.

“Kita punya konsep desain, bisa diterapkan di mana saja. Tapi ini baru konsep desain, konsep desain kami Kota Pancasila,” ujar dia di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Dia menambahkan, konsep desain kota baru tersebut masih sebatas ide, dan keputusan pastinya baru akan keluar jika telah disepakati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Lalu apa itu Bintang Daud ?

Dalam situs Encyclopedia Britannica, britannica.com, Bintang Daud atau Star of David dijelaskan sebagai, simbol Yahudi yang terdiri dari dua segitiga sama sisi yang ditumpuk dan membentuk bintang berujung enam.

Simbol tersebut bisa ditemukan di sinagog, batu nisan orang Yahudi, dan bendera Israel.

Simbol, yang secara historis sebenarnya tidak terbatas untuk digunakan oleh orang Yahudi, berasal dari zaman kuno.

Pada Abad Pertengahan, Bintang Daud muncul dengan frekuensi yang lebih sering di kalangan orang-orang Yahudi tetapi tidak memiliki makna keagamaan yang khusus. Kala itu, lambang serupa ditemukan juga di beberapa katedral Abad Pertengahan.

[KESIMPULAN]:

Berdasarkan penjelasan diatas, Tidak ada Simbol bintang Daud Israel dalam desain Ibu Kota Baru di Kalimantan. Simbol bintang daud merupakan segi enam, sedangkan yang jadi dasar tugu di gambar desain Ibu Kota baru adalah segi lima yang merupakan konsep Pancasila.

Narasi yang disampaikan oleh akun facebook Widya Eka Putri‎ tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Bahkan, cenderung menyesatkan.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/…/cek-fakta-hoaks-simbol-bintang-d…

https://www.dailymail.co.id/cek-fakta-hoaks-simbol-bintan…/…

https://kumparan.com/…/desain-ibu-kota-baru-dikaitkan-denga…

https://id.wikipedia.org/wiki/Bintang_Daud

http://www.jewishencyclopedia.com/articles/10257-magen-dawid


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here