[SALAH] “dua matahari Lunar Hunter”

17
[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

Pelintiran daur ulang. BUKAN Lunar Hunter, fenomena alami pantulan sinar matahari setiap 139 tahun hasil konvergensi dengan Jupiter.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan, Konten yang Salah.

======

SUMBER

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

(1) Pesan berantai WhatsApp.

(2) Akun “Ayu Rahayu” (facebook.com/ayu.rahayu.50309277, archive.md/TlQq1), sudah dibagikan 1 kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/CmM76 (arsip cadangan).

======

NARASI

“Hari ini, dua matahari muncul di perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada, satu adalah matahari asli dan yang lainnya adalah bulan.
Fenomena ini disebut “Lunar Hunter” dan hanya terjadi ketika bumi mengubah porosnya. Bulan dan matahari lahir pada saat yang bersamaan, dan bulan memantulkan sinar matahari dengan intensitas yang kuat, mengingatkan kita pada matahari kedua. Bagikan ini! sangat cantik! ! !”.

======

PENJELASAN

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

“Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

* SUMBER membagikan pelintiran yang sudah pernah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2017.

* SUMBER menambahkan narasi pelintiran, mengaitkan dengan “Lunar Hunter”, yang menimbulkan kesimpulan keliru.


(2) Artikel periksa fakta yang berkaitan,

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

* Snopes @ 9 Nov 2015: “A Hunter’s Moon tidak menciptakan ilusi dua matahari, bukan keajaiban, dan terjadi setiap tahun.

Salah satu penanda paling andal dari sebuah kisah yang kemudian dibuat agar sesuai dengan foto yang ada adalah publikasi sebelumnya dari gambar yang sama. Dalam kasus ini, kedua foto “Hunter’s Moon” diterbitkan ke papan pesan berbahasa Arab pada 13 Oktober 2015 (sebelum Hunter’s Moon tahun) dengan penjelasan yang sangat berbeda tentang asal-usul mereka (diterjemahkan secara kasar sebagai berikut):

Gambar-gambar fenomena aneh yang disiarkan di Kanada menggambarkan munculnya langit Shamseen di Kanada, Inggris, Cina, dan Rusia. Seorang astronom mengatakan bahwa fenomena ini sangat normal dan merupakan hasil konvergensi dengan Jupiter dan pantulan sinar matahari kembali ke Bumi. Fenomena ini terjadi setiap 139 tahun.”

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

* arabtvrl.com @ 13 Okt 2015: “Munculnya matahari di langit Kanada, Inggris, dan Cina dalam fenomena global yang langka.Dalam sebuah siaran fenomena aneh oleh saluran swasta Kanada untuk foto menunjukkan para penampilan dari Chamsine langit Kanada, Inggris, Cina dan Rusia, katanya seorang juru bicara untuk tubuh dari astronomi bahwa ini adalah fenomena yang sangat alami adalah hasil dari para konvergensi dari Jupiter dengan para bumi ini tercermin sinar matahari pada itu, menyarankan penduduk dari tanah di sana Chamsine sepak bola tanah dan ini adalah yang normal terlalu Dia tidak mengetahui adanya bahaya bagi penghuni planet ini. Fenomena ini terjadi setiap 139 tahun dan disebut sebagai fenomena astronomi yang terjadi setiap setengah abad abad”

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

* MAFINDO @ 27 Okt 2017: ““Definisi:

Juga dikenal sebagai bulan optimis atau “darah”, istilah “Bulan Pemburu” digunakan secara tradisional untuk merujuk pada bulan purnama yang muncul selama bulan Oktober. Hal ini didahului dengan munculnya “Harvest Moon”, yang merupakan bulan purnama yang paling dekat dengan ekuinoks musim gugur (yang jatuh pada tanggal 22 atau 23 September).”


(3) Artikel lain yang berkaitan,

[SALAH] "dua matahari Lunar Hunter"

* Universe Today @ 13 Jun 2015: “Jika Anda tinggal di belahan bumi utara, daripada mengamati bintang selama awal musim gugur bisa sedikit sulit. Selama waktu-waktu tertentu di musim-musim ini, bintang-bintang, planet-planet, dan Bima Sakti akan dikaburkan oleh kehadiran beberapa bulan penuh yang sangat indah. Tetapi jika Anda adalah penggemar moongazing, maka Anda beruntung.

Karena itu juga sekitar waktu ini (bulan Oktober) bahwa orang yang melihat ke langit malam akan memiliki kesempatan untuk melihat apa yang dikenal sebagai Hunter’s Moon. Sedikit variasi pada bulan purnama, Hunter’s Moon telah lama dianggap sebagai peristiwa penting dalam cerita rakyat tradisional, dan menjadi topik yang menarik bagi para astronom.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) snopes.com: “Apakah ini Foto-foto ‘Hunter’s Moon’?” https://bit.ly/2VFQLbS (Google Translate) / https://bit.ly/2BZefSw (arsip cadangan).

(3) arabtvrl.com: “Dua matahari” https://bit.ly/2VFhxBg (Google Translate) / https://bit.ly/2C4rTU8 (arsip cadangan).

(4) turnbackhoax.id: “[HOAX] “Keajaiban terjadi hari ini: Amerika dan Kanada melihat dua matahari.”: https://bit.ly/3dXp9Fs.

(4) universetoday.com: “Apa itu Hunter’s Moon?” https://bit.ly/31BwfNu (Google Translae) / https://bit.ly/2D3GhNc (arsip cadangan).

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here