[SALAH] “Firza adalah KUNCI” – TurnBackHoax

12

[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax

Foto Yusril dengan Firza yang dikatakan untuk mematahkan semua tudingan HRS yang menyatakan Yusril membuat kebohongan adalah salah. Diketahui saling tuding dan sangkal antara Yusril dengan HRS adalah terkait dengan pernyataan HRS mengenai keislaman Prabowo. Sementara konteks foto Yusril dengan Firza adalah terkait pengacara untuk mendampingi Firza pada dugaan kasus makar.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten yang Salah

=====

[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/8tnWt )

=====

NARASI:

“Ketika Habib Rizieq menyangkal semua pembicarannya, dan menuduh Yusril membuat kebohongan, tak banyak hal yang dilakukannya. Cukup berpose dan ketemu dengan peluru kendali antar benua bernama “Firza”,” tulis akun Facebook Abu Lillin Lilin atau @jaychou.jaychou.7355 dengan melampirkan foto Yusril Ihza Mahendra dan Firza Husein, Selasa (4/8).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Abu Lillin Lilin atau jaychou.jaychou.7355 mengunggah foto Pengacara, Yusril Ihza Mahendra tengah duduk di satu meja dengan Firza Husein. Pada foto tersebut diberi judul “Firza adalah KUNCI” dengan keterangan sebagai berikut:

“Ketika Habib Rizieq menyangkal semua pembicarannya, dan menuduh Yusril membuat kebohongan, tak banyak hal yang dilakukannya. Cukup berpose dan ketemu dengan peluru kendali antar benua bernama “Firza”,” unggah akun Facebook Abu Lillin Lilin, Selasa (4/8).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan tersebut adalah salah atau keliru.

Faktanya, saling tuding dan sangkal antara tokoh Front Pembela Islam (FPI), Habib Riziq Shihab (HRS) dengan Yusril adalah dalam konteks pembahasan keislaman Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto yang dinilai tak jelas oleh HRS yang berhubungan dengan rencana pencalonan Prabowo pada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Awalnya dari pengakuan Yusril, HRS mengatakan keislaman Prabowo tidak jelas. Dengan begitu melalui Ijtima Ulama akan dipilih seorang ulama untuk mendampingi Prabowo.

Namun, pernyataan dari Yusril ini dibantah oleh HRS dengan mengatakan Yusril telah berbohong. Berbohong baik dari sisi waktu komunikasinya, dimana HRS mengakui terakhir berkomunikasi dengan Yusril adalah dua (2) tahun sebelum pencapresan, maupun isi dari pembahasannya yakni, meragukan keislaman Prabowo.

Mendapat bantahan dari HRS, Yusril pun tak tinggal diam. Ia menyatakan bahwa HRS yang berbohong dengan menunjukan bukti percakapan Whatsappnya dengan HRS.

Sementara foto Yusril bersama Firza Husein, diketahui tidak ada hubungannya dengan konteks masalah antara Yusril dengan HRS.

Foto Yusril dengan Firza adalah terkait permintaan Firza dan keluarganya, khususnya Ibundanya kepada Yusril untuk menangani kasus dugaan makar yang menerpanya.

Pada saat itu Firza menegaskan bahwa masuknya Yusril sebagai kuasa hukumnya tidak ada hubungannya dengan HRS. Dia tak mau namanya diseret-seret dalam konflik politik.

“Jangan dikait-kaitkan ke Habib Rizieq. Tidak ada hubungannya. Ini murni karena persoalan hukum, untuk persoalan kasus makar yang dituduhkan ke saya,” kata Firza.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Abu Lillin Lilin berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang salah dengan definisi ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

=====

[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax
[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax
[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax
[SALAH] “Firza adalah KUNCI” - TurnBackHoax

REFERENSI:

1. https://archive.fo/8tnWt
2.https://www.facebook.com/groups/282806375631591/permalink/732805143965043/?_rdc=1&_rdr
3.https://kabar24.bisnis.com/read/20190404/15/907792/habib-rizieq-shihab-yusril-ihza-mahendra-bohong
4.https://www.suara.com/news/2019/04/03/221900/unggah-bukti-percakapan-whatsapp-yusril-habib-rizieq-si-raja-bohong
5.https://www.tribunnews.com/nasional/2019/03/31/tangani-kasus-dugaan-makar-firza-husein-yusril-ihza-mahendra-upayakan-sp3-bagi-firza
6.https://news.detik.com/berita/d-4496109/firza-husein-yusril-pengacara-saya-jangan-dikaitkan-dengan-habib-rizieq


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here