[SALAH] Foto Akting Plandemi Kantong Mayat Palsu di India

0


Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Foto tersebut diambil pada 27 Mei 2020 di Florida, Amerika Serikat yang mangambarkan seorang aktivis yang sedang membawa sebuah properti sebagai simbol dari korban Covid-19.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/77KKo

= = = = =

NARASI:

“FITNAH AKHIR ZAMAN..
Corona hanyalah stingan profaganda kafir dan munafik..
WASPADA TERHADAP SERANGAN AKTING PLANDEMI – part 4
apa kah mungkin 1 orang bisa bawa jenasah seseorang hanya dengan satu tangan saja seperti ini ?
(Ini foto kejadian plandemi di india yg kata nya makan banyak korban beberapa bulan yg lalu)”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar informasi dari akun Facebook Asep Maulana berupa sebuah foto yang diklaim berlokasikan di India dan terlihat seseorang membawa jenazah dengan satu tangan seakan-akan hanyalah akting. Postingan tersebut disukai sebanyak 9 kali, dikomentari 1 kali, dan disebarkan kembali 21 kali.

Berdasarkan penelusuran, foto yang serupa ditemukan pada website European Pressphoto Agency yang diambil pada 27 Mei 2020. Pada deskripsi foto tersebut dijelaskan bahwa foto itu diambil pada saat demonstrasi di Miami, Florida, Amerika Serikat yang bertujuan untuk memprotes kebijakan Gubernur Florida dan Presiden Trump yang dianggap ceroboh dan kurang sigap dalam menangani pandemi Covid-19. Kantong mayat pada foto tersebut merupakan properti yang digunakan oleh demonstran yang menyimbolkan korban jiwa akibat Covid-19.

Melihat dari penjelasan tersebut foto orang membawa kantong mayat palsu di India adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2021/04/29/salah-foto-syuting-film-horor-agar-masyarakat-indonesia-mau-divaksin/

https://webgate.epa.eu/webgate?EVENT=WEBSHOP_SEARCH&SEARCHMODE=SERIES&SHOWSERIES=1.60702&MEDIAGROUP_SCOPE=1&MEDIANUMBER=56113598

https://www.poynter.org/?ifcn_misinformation=a-picture-allegedly-shot-in-brazil-which-would-show-a-row-of-black-bags-containing-corpses-and-a-man-who-is-easily-moving-one-of-them-using-just-one-arm

Source link

Previous article[SALAH] Video Rombongan WNA di Bandara Soekarno-Hatta
Next article[SALAH] Pondok Pesantren dan Rumah Para Kyai di Madura Dikelilingi Drone yang Menyemprotkan Cairan Mematikan
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here