[SALAH] Foto ”Jokowi Mengaku Mirip Ashraf Ingin Nikahi BCL”

15

[SALAH] Foto ”Jokowi Mengaku Mirip Ashraf Ingin Nikahi BCL”

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia). Gambar suntingan atau editan. Foto pria sebelah kiri adalah foto lama Jokowi sebelum menjadi presiden. Kolase foto tersebut juga pernah muncul di pemberitaan medan.tribunnews.com yang menampilkan foto pria lain.

= = = = =

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

= = = = =

SUMBER: FACEBOOK

[SALAH] Foto ”Jokowi Mengaku Mirip Ashraf Ingin Nikahi BCL”

https://archive.fo/YExyV

= = = = =

NARASI:

“Kek Amin: Drama Korea Itu Bagus :heart_eyes:
Kek Sugiono: Drama Jepang Pun Lebih Bagus 🥰”

“Mengaku Mirip Ashraf Pria ini Ingin Nikahi BCL”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Vian Riadi mengunggah stastus pada tanggal 27/9/2020 di grup Facebook ‘TETAP JOKOWI’ berupa kolase foto pria dan aktris Bunga Citra Lestari (BCL) dengan narasi “Mengaku Mirip Ashraf Pria ini Ingin Nikahi BCL”.

Dari hasil penelusuran diketahui foto pria tersebut adalah foto lama Jokowi sebelum menjadi presiden yang diedit dengan menghilangkan bagian rambut dan menambahkan kacamata pada wajahnya. Foto asli dapat dilihat pada pemberitaan Tempo.co yang berjudul “Jokowi Lantik Empat Kepala Dinas Baru” yang tayang pada tanggal 06/3/2013 lalu. Sementara kolase foto BCL pernah diperiksa kebenarannya oleh turnbackhoax.id dalam artikel berjudul ‘[SALAH] Foto ”Mahfud MD Mengaku Mirip Ashraf Ingin Nikahi BCL”’ yang tayang pada 12/3/2020.

Kolase itu semula bukan foto Jokowi maupun Mahfud MD. Namun seorang pria lain yang ramai dibicarakan di media sosial karena mengklaim dirinya mirip dengan Ashraf. Dari pemberitaan medan.tribunnews.com tersebut, foto di sebelah kiri BCL seharusnya adalah foto seorang pria berbaju biru yang tengah tersenyum dengan narasi “Mengaku Mirip Ashraf Pria ini Ingin Nikahi BCL”. Kolase tersebut muncul beberapa waktu setelah kematian suami BCL, Ashraf Sinclair pada 18/2/2020.

Selain itu dari hasil penelusuran tidak ditemukan ucapan Jokowi yang menyebut dirinya mirip Ashraf dan ingin nikahi BCL. Sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi.


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here