[SALAH] Foto Mike Tyson Mengenakan Baju Bertuliskan “TRUST IN GOD NOT IN VACCINE”

3


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto hasil suntingan. Foto asli menunjukkan Tyson yang tengah mengenakan salah satu desain baju yang menjadi suvenir resmi bagi klub penggemarnya.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/1HQPG

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Percayalah pada Tuhan bukan pada vaksin – Mike Tyson”

NARASI DALAM GAMBAR:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Mantan juara tinju Mike Tyson menyatakan “ Aku percaya pada Tuhan, bukan pada Vaksin “ melalui baju yang ia kenakan.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna BordersAgainst mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar sebuah unggahan di Facebook yang menunjukkan atlet tinju Mike Tyson mengenakan sebuah baju bertuliskan “TRUST IN GOD NOT IN VACCINE”, atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “PERCAYA PADA TUHAN BUKAN PADA VAKSIN”.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut adalah hasil suntingan. Foto asli menunjukkan Tyson yang tengah mengenakan salah satu desain baju yang menjadi suvenir resmi bagi klub penggemarnya. Foto asli dapat dilihat dalam unggahan di akun Instagram resmi Mike Tyson pada 24 November 2020 lalu. Lebih lanjut, melansir dari Reuters, salah satu perwakilan dari Mike Tyson, Joann Mignano juga telah menegaskan bahwa foto tersebut merupakan hasil suntingan.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna BordersAgainst tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/factcheck-miketyson-altered/fact-check-mike-tysons-t-shirt-altered-to-include-message-against-vaccines-idUSL2N2OE1VK

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian



Source link

Previous article[SALAH] Ketersediaan Ventilator Cukup Memadai dan Obat Ivermectin Sudah Akan Diproduksi Massal
Next article[SALAH] Gambar “praktis .. bisa dicoba .. pengganti tabung oksigen”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here