[SALAH] Foto Mumi Biksu Masih Hidup Berusia 200 Tahun

13

[SALAH] Foto Mumi Biksu Masih Hidup Berusia 200 Tahun

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, Foto tersebut merupakan foto jenazah biksu Luang Phor Pian asal Kamboja yang meninggal di usia 92 tahun pada 16 November 2017 di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand yang diambil setelah dua bulan kematiannya.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Salah/False Context

====

Sumber: Facebook
https://archive.vn/TYcKv

====

Narasi:

“A mummified monk from around 200 years ago became news on websites around the world. According to some Buddhists, he is still alive and in a deep state of meditation. The body was found on August 27 in the outskirt of Ulaanbatar, Mongolia. It is believed that the cold climate in the region has preserved the body, which was found in good condition of preservation wrapped around by an animal skin. Next to the body, a scroll was found with an ancient Chinese text that translate. “Pukawa ko kung e lift ang liqour ban”

Terjemahan:

“Seorang mumi biksu dari sekitar 200 tahun yang lalu menjadi berita di situs di seluruh dunia. Menurut beberapa umat Buddha, ia masih hidup dan dalam kondisi meditasi yang mendalam. Mayatnya ditemukan pada 27 Agustus di pinggiran Ulaanbatar, Mongolia. Dipercaya bahwa dinginnya iklim di kawasan itu telah mengawetkan tubuh, yang ditemukan dalam kondisi terawat baik yang dibalut oleh kulit binatang. Di samping tubuh tersebut, ditemukan sebuah gulungan dengan teks China kuno yang diterjemahkan. “Pukawa ko kung e angkat larangan ang liquor”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Algier Justo Manginlaud mengunggah foto dengan narasi yang menginformasikan bahwa mumi biksu tersebut berusia 200 tahun dan masih hidup ditemukan di pinggiran Ulaanbatar, Mongolia pada 27 Agustus 2020. Unggahan tersebut mendapat respon sebanyak 82 reaksi, 8 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 21 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, mengutip dari Metro, foto mumi biksu itu adalah foto jenazah biksu Luang Phor Pian asal Kamboja yang meninggal di usia 92 tahun pada 16 November 2017. Ia meninggal karena sakit di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand. Meskipun biksu Luang Phor Pian berasal dari Kamboja, ia menghabiskan hidupnya sebagai guru spiritual Buddha di Provinsi Lopburi, Thailand.

Mengutip dari Express, foto mumi biksu Luang Phor Pian ini diambil saat para biksu memindahkan jenazahnya untuk mengganti jubahnya dengan yang lebih bersih setelah dua bulan kematiannya. Menurut pengikutnya, wajah jenazah Pian yang tersenyum ini menandakan bahwa ia sudah mencapai Nirvana, yang berarti keadaan ketenangan sempurna dari siklus kehidupan.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Algier Justo Manginlaud dapat dikategorikan sebagai Konten Salah/False Context karena foto tersebut merupakan foto jenazah biksu Luang Phor Pian asal Kamboja yang meninggal di usia 92 tahun pada 16 November 2017 di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand yang diambil setelah dua bulan kematiannya.

====

Referensi:

https://metro.co.uk/2018/01/22/buddhist-monk-still-smiling-two-months-death-7249725/

[SALAH] Foto Mumi Biksu Masih Hidup Berusia 200 Tahun

https://www.express.co.uk/news/weird/909367/dead-monk-smiling-two-months-after-death

[SALAH] Foto Mumi Biksu Masih Hidup Berusia 200 Tahun

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here