[SALAH] Foto “RASUL NYA CEBONG,,”

18

Foto wajah Presiden Jokowi dengan mengenakan pakaian bersimbol salib seperti suster yang diunggah akun Facebook Shaddam AL MalieQy adalah hasil suntingan atau editan. Aslinya adalah foto artis Lisette Morelos yang berperan sebagai Suster Cicillia pada telenovela Carita de Angel yang popular di Indonesia pada awal tahun 2000-an.

=====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/eAPu4 )

=====

NARASI:

“RASUL NYA CEBONG,,” tulis akun Facebook Shaddam AL MalieQy atau @alexander.a.fatih.3 dengan mengunggah gambar dan tulisan lainnya pada Rabu (12/8).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Shaddam AL MalieQy atau @alexander.a.fatih.3 mengunggah gambar seseorang yang nampak berpakaian bersimbol salib seperti suster dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang di dalam gambar tersebut terdapat tulisan, “SEKARANG INI SUDAH MUNCUL PEMIMPIN PEKOK DUNGU YANG DIPERCAYA MEMIMPIN DI DUKUNG BANI TOGOG KEDATANGAN DAJJAL. YG PENUH KEDUSTAAN. Para Penipu BERKEDOK PANCASILA & KEDAULATAN NKRI.”

Tidak hanya foto dal tulisan tersebut, akun Facebook Shaddam AL MalieQy menambahkan narasi yang berbunyi sebagai berikut. “RASUL NYA CEBONG,,” tulisnya, Rabu (12/8).

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan akun Facebook Shaddam AL MalieQy adalah salah atau keliru.

Foto berpakaian suster dengan simbol salib itu aslinya adalah foto artis Lisette Morelos yang berperan sebagai Suster Cicillia pada telenovela Carita de Angel yang popular di Indonesia pada awal tahun 2000-an.

Pada foto yang diunggah akun Facebook Shaddam AL MalieQy, wajah artis Lisette Morelos diganti dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang fotonya pernah dipakai sebagai sampul artikel oleh wartabuana.com pada 2014 dan teropongsenayan.com di tahun 2015.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Shaddam AL MalieQy berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang dimanipulasi dengan definisi ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/eAPu4
2.https://www.facebook.com/photo.php?fbid=307049860533782&set=p.307049860533782&type=3&theater
3. https://manado.tribunnews.com/2020/06/12/kabar-terbaru-pemeran-dulce-maria-carita-de-angel-daniela-kini-cantik-mempesona-ini-potretnya
4. https://hot.liputan6.com/read/4117306/masih-ingat-suster-cecilia-carita-de-angel-ini-6-potret-terbarunya-yang-awet-muda
5.  https://www.wartabuana.com/news/jokowi-lebih-setuju-bbm-naik
6.  https://www.teropongsenayan.com/16006-rupiah-anjlok-jokowi-dinilai-cuma-bisa-senyum


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here