[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19

40

[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19

Bukan foto almarhum dokter hadio, foto tersebut merupakan foto seorang dokter asal Malaysia yang menemui anak-anaknya di depan pagar karena dirinya salah satu dokter yang menangani pasien Covid-19. postingan itu diunggah oleh sepupu dari dokter tersebut dengan nama akun facebook Ahmad Effendy Zailanudin.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG SALAH

======

https://web.archive.org/save/https://www.facebook.com/baiq.chienbii/posts/2907110332710168

======

[NARASI]:

SELAMAT JALAN DOK….

Foto terakhir dokter Hadio Ali Khazatsin saat beliau menyempatkan diri pulang ke rumah, di tengah kesibukan menangani pasien Corona.

Demi menjaga keluarganya tak ikut sakit, ia tidak masuk ke dalam rumah dan hanya berdiri di pagar, menatap dua buah hatinya yang masih kecil dari jauh. Bu Hadio, yang tengah mengandung anak ketiga, mengabadikan momen yang tak terlupakan ini.

Dokter Hadio adalah salah satu dokter yang gugur terpapar virus, demi pasien Corona.
Semoga pengorbanan beliau tidak sia-sia, mendapat tempat terbaik di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan dikuatkan.
🙏

Cc mas Gunawan Wibisono

Beny Rusmawan

======

[PENJELASAN]:

Beredar postingan di media sosial facebook oleh akun Baiq WinaNisa yang berisi foto seseorang yang diklaim sebagai almarhum dr. Hadio Ali Khazatsin, Sp.S yang menemui anak-anaknya dan hanya bisa melihat dari luar pagar sebelum wafat akibat bertugas dan terinfeksi virus Covid-19.

Setelah ditelusuri, Foto ini adalah foto dokter di Malaysia seperti yang diunggah oleh situs Majalah Pama majalahpama.my dengan judul artikel “Takut Bawa Balik Virus Conid-19, Dokter Ni Tak Mau Masuk Rumah. Tengok Anak Dari Jauh”.

Majalah Malaysia itu juga mengutip pernyataan salah seorang pengguna facebook bernama Ahmad Effendy Zailanudin yang menyebut bahwa dokter tersebut adalah sepupunya yang juga bertugas mengobati pasien Covid-19 di negeri Jiran.

Akun Ahmad Effendy Zailanudin menuliskan bahwa sepupunya itu adalah seorang dokter yang tengah berjuang mengobati pasien Covid-19. caranya bertemu anak-anaknya sangat berkesan karena ia juga seorang ayah. dirinya juga menghimbau agar masyarakat mengikuti arahan pemerintah.

Tempo.co juga telah mengontak akun Ahmad Effendy Zailanudin untuk meluruskan informasi yang simpang siur terkait viralnya foto yang diklaim sebagai dr. Hadio Hadio Ali Khazatsin, Sp.S.

Menurut Ahmad Effendy, foto tersebut ia unggah pada 21 Maret pukul 20.34 waktu Malaysia atau 19.34 WIB. Dalam unggahannya, Ahmad Effendy menulis bahwa pria dalam foto itu merupakan sepupunya yang seorang dokter dan ikut menangani pandemi COVID-19 di Malaysia. Dia pun mengirimkan gambar tangkapan layar unggahannya itu kepada Tempo.

Ahmad Effendy pun menegaskan bahwa pria dalam foto itu bukan Hadio, melainkan saudaranya. Dia tidak menyangka fotonya itu viral di Indonesia dengan narasi yang keliru. Saat ini, menurut Ahmad Effendy, saudaranya tersebut dalam kondisi sehat, tidak terinfeksi virus Corona COVID-19, dan masih bertugas sebagai dokter.

“Saya sahkan bahawa gambar itu memang saudara saya. Tetapi dia bukan dokter Hadio yang baru meninggal itu. Saya mohon kepada netizen di sana supaya tidak mudah untuk ambil gambar orang lain dan dijadikan kesempatan untuk mengaut like, komen, dan kongsi,” ujar Ahmad Effendy.

Sementara itu, dari komentar di unggahan akun facebook akun Baiq WinaNisa, diketahui bahwa kedua anak dr. Hadio adalah perempuan, sedangkan di foto yang beredar viral terdapat sepasang anak laki-laki dan perempuan.

Sebelumnya, melalui unggahan di akun Instagram resminya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sampaikan ucapan duka cita.

“IDI berduka cita yang amat dalam atas berpulangnya sejawat-sejawat anggota IDI sebagai korban Pandemi Covid-19” tulis akun resmi Instagram PB IDI @ikatandokterindonesia, Senin (23/3/2020).

Enam dokter yang diduga meninggal akibat terjangkit Covid-19, yakni:

dokter Hadio Ali Sp. S,

dokter Djoko Judodjoko Sp. B,

dokter Laurentius P Sp. Kj,

dokter Adi Mirsa Putra Sp. THT

dokter Ucok Martin Sp. P

dan dokter Toni D. Silitonga

======

[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19
[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19
[SALAH] Foto Terakhir Dokter Hadio Berdiri Di Depan Pagar Temui Anak Sebelum Meninggal Karena Covid-19

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/696/fakta-atau-hoaks-benarkah-ini-foto-momen-terakhir-dokter-hadio-yang-meninggal-karena-corona

https://www.kompas.tv/article/72789/viral-foto-terakhir-dr-hadio-ali-khazatin-begini-faktanya

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4209460/cek-fakta-foto-dokter-yang-menatap-anaknya-dari-jauh-berasal-dari-malaysia




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here