[SALAH] Gambar Artikel CNN Indonesia: “Selain Suka Makanan Extrem Kelelawar Panggang (Kepang), Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang (Babi Panggang)”

5


Gambar EDITAN. Selain CNN Indonesia TIDAK pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut, foto Presiden Jokowi di gambar itu merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten Palsu
===========================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Facebook Arjuna (fb.com/dedi.wahyudy.125) pada 19 Mei 2021 mengunggah sebuah gambar ke grup Jokowi 3 Periode dengan narasi sebagai berikut:

“Garda terdepan makan bipang”

Di gambar tersebut, terdapat logo CNN Indonesia, foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang menyantap sate dan narasi:

“25 Desember 2010 Bukan Presiden Jokowi namanya kalau tidak suka nyeleneh yang aneh-aneh, omongan dan tingkah lakunya. Jauh hari ketika menjadi simpatisan PDI-P Jokowi bersama teman karibnya Basuki Tjahaja Purnama dengan memakai baju kotak-kotak yang identik ciri khas Cina, Jokowi sering bersantap Kepang dan Bipang. di Kalimantan Timur. Jokowi yang dulunya adalah menganut kepercayaan Sekte Kejawen, kini menganut ajaran Islam Nusantara yang penuh toleransi kebudayaan. Makanya Jokowi gemar sekali makan Bipang Ambawang Kaltim sampai sekarang”

Sumber: https://archive.ph/Q57Wk (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya gambar artikel berjudul “Selain Suka Makanan Extrem Kelelawar Panggang (Kepang), Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang (Babi Panggang)” merupakan konten palsu.

Faktanya, gambar itu merupakan gambar suntingan atau editan. Selain CNN Indonesia tidak pernah membuat artikel seperti tangkapan layar tersebut, foto Presiden Jokowi di gambar itu merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Berdasarkan hasil pencarian di situs CNN Indonesia dengan menggunakan kata kunci “Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang”, tidak ditemukan satupun artikel yang sesuai dengan klaim tersebut pada tanggal 25 Desember 2010. Klaim seperti ini juga merupakan gaya pelintiran daur ulang. Di situs turnbackhoax.id, klaim seperti ini sudah berulang kali diperiksa sebelumnya.

Sementara itu, terkait foto Presiden Jokowi yang tampak sedang menyantap sate dan di hadapannya terdapat daging dan kepala babi di gambar tersebut, merupakan foto editan yang juga sudah pernah diperiksa faktanya, salah satunya di artikel berjudul “[SALAH] Foto Jokowi sedang Menyantap Sate Babi” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 17 Mei 2021.

Foto yang asli merupakan foto ketika Jokowi pada tahun 2013 ketika berkunjung ke Ponorogo menjadi juru kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bambang DH-Said Abdullah, Sabtu (24/8/2013). Dalam foto tersebut tidak ditemukan gambar daging babi seperti foto yang ada di gambar yang diunggah oleh sumber klaim.

Source link

Previous article[SALAH] Foto “Penampakan sosok misterius Dibalik tembok china Yg membuat warga china ketakutan”
Next article[SALAH] Foto “Apa Indonesia tidak punya tempat ibadah?”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here