[SALAH] Gambar Jokowi Memanahkan Suntikan ke Ahok dalam Artikel CNBC Indonesia

51

[SALAH] Gambar Jokowi Memanahkan Suntikan ke Ahok dalam Artikel CNBC Indonesia

Gambar tersebut adalah hasil suntingan atau editan. Aslinya foto yang dipakai cnbc.com dalam artikel berjudul “Doakan Ya, Jokowi Beberkan Uji Klinis Vaksin Corona RI” adalah hanya foto Presiden Jokowi seorang, dengan keterangan “Foto: cover topik/ jokowi bubarkan Lembaga RI_thumbnail”.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SALAH] Gambar Jokowi Memanahkan Suntikan ke Ahok dalam Artikel CNBC Indonesia

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/nfYIp )

=====

NARASI:

“OTAQ MANA OTAQ Nyawa Rakyat Kok Jadi Klinci Percobaan Kalo sama Binatang sih Gpp,”, gambar yang diunggah akun Facebook Mufida Sbj atau @mufida.sholehah.3 dengan logo media daring CNBC dan judul berita “Doakan Ya, Jokowi Beberkan Uji Klinis Vaksin Corona RI, Kamis (23/7).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Mufida Sbj atau @mufida.sholehah.3 mengunggah screenshot atau tangkapan layar dari media daring CNBC Indonesia atau cnbc.com dengan judul “Doakan Ya, Jokowi Beberkan Uji Klinis Vaksin Corona RI”. Nampak gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

Pada gambar Presiden Jokowi dan Ahok tersebut, terdapat tulisan berikut, “OTAQ MANA OTAQ Nyawa Rakyat Kok Jadi Klinci Percobaan Kalo sama Binatang sih Gpp”.

Setelah melakukan penelusuran melalui mesin pencari, diketahui unggahan tangkapan layar akun Facebook Mufida Sbj adalah salah atau keliru.

Tangkapan layar tersebut benar berasal dari cnbc.com dengan judul “Doakan Ya, Jokowi Beberkan Uji Klinis Vaksin Corona RI” yang ditulis oleh Septi Oktarianisa dan ditayangkan pada Rabu (22/7). Namun, foto yang digunakan bukanlah gambar seperti yang diunggah akun Facebook Mufida Sbj. Aslinya adalah foto dari Presiden Jokowi seorang dengan keterangan “Foto: cover topik/ jokowi bubarkan Lembaga RI_thumbnail”.

Berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft, unggahan akun Facebook Mufida Sbj dapat disebut sebagai Mainpulated Content atau Konten yang Dimanipulasi dengan arti ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

=====

[SALAH] Gambar Jokowi Memanahkan Suntikan ke Ahok dalam Artikel CNBC Indonesia

REFERENSI:

1. https://archive.fo/nfYIp
2.https://www.facebook.com/mufida.sholehah.3/posts/172118707687137?_rdc=1&_rdr
3. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200722094517-37-174492/doakan-ya-jokowi-beberkan-uji-klinis-vaksin-corona-ri


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here