[SALAH] “Gue Tunggu Cebong di Grup Ini Coment”

63

[SALAH] "Gue Tunggu Cebong di Grup Ini Coment"

Sebuah akun facebook bernama Naliya Safitry Azhary memposting sebuah foto kolase berupa foto Ahok dengan perawakan gempal dan juga foto seekor anjing yang wajahnya memakai wajah Presiden Jokowi. diketahui foto tersebut adalah hasil manipulasi dengan mengambil foto dari internet.

======

Iklan Layanan Masyarakat
[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

======

[NARASI]:

“Gue tunggu. Cebong di grup ini coment. Dgn curahan hati paling kesal.. sambil berkata.. di cyduk nangis lu”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Naliya Safitry Azhary memposting sebuah foto kolase disertai narasi provokatif ke dalam grup Majalah Gojek. akun tersebut memposting foto Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berwujud gempal dengan mata di blur dan satunya adalah foto seekor anjing yang berwajah Presiden jokowi.

Setelah ditelusuri, faktanya kedua foto tersebut merupakan hasil olah digital atau editan. foto pertama yang memperlihatkan sosok Ahok bertubuh gempal aslinya adalah patung manusia bertubuh babi hasil karya seni dari seniman asal China bernama Liu Xue.

Liu Xue kerap membuat hasil karya patung dengan bentuk yang aneh yang merupakan perpaduan wujud manusia dengan hewan dan maksud setiap patung yang ia buat memiliki makna emosi yang berbeda-beda.

Kemudian foto seekor anjing berwajah Presiden Jokowi ini ditemukan foto identik pada artikel katabali.com dengan judul “Anjing Kintamani, Anjing Trah Asli Indonesia Pertama Peroleh Pengakuan Dunia” yang tayang pada 13 april 2019 dan juga artikel dari bobo.grid.id yang berjudul “Yuk, Mengenal Kintamani, Jenis Anjing Asli Bali Mirip Siberian Husky” yang tayang pada 13 september 2018.

======

REFERENSI:

https://bobo.grid.id/read/08937195/yuk-mengenal-kintamani-jenis-anjing-asli-bali-mirip-siberian-husky?page=all


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here