[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”

29

[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”

Screenshot atau tampilan layar dari detik.com yang dibagikan akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir aslinya adalah bertajuk “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini” yang ditayangkan pada Minggu, 15 Maret 2020 pada pukul 15.05 WIB.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona,” unggah screenshot atau tampilan layar detik.com oleh akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir, Minggu (15/3).

=====

PENJELASAN:

[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”
[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”

Akun Facebook Yani Yani atau @putra.mussaffir mengunggah screenshot atau tampilan layar dari media daring detik.com yang bertajuk “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”. Dalam unggahan tersebut, akun Facebook @putra.mussaffir menambahkan narasi “Ini beneran gak ya?,” tulisnya, Minggu (15/3).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, tampilan layar dan narasi yang diunggah akun @putra.mussaffir adalah tidak benar.

Diketahui tampilan layar itu adalah editan. Faktanya, pemberitaan detik.com pada Minggu (15/3), pukul 15.05, tajuknya adalah “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini”. Berikut isi lengkap beritanya:

“Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh jajaran menterinya mengecek kesehatan terkait virus Corona (COVID-19). Jokowi pun akan menjalani tes yang sama sore ini.

“Sore ini,” jawab Jokowi singkat melalui video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Sedari pagi tadi, jajaran menteri kabinet disebut Jokowi sudah dicek. Namun, untuk hasilnya, Jokowi meminta hal itu ditanyakan langsung ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Pagi ini telah dilakukan pengetesan untuk para menteri, hasilnya silakan tanya ke Menteri Kesehatan,” kata Jokowi.

Sejauh ini, Jokowi menyebut menteri yang sudah dinyatakan positif COVID-19 adalah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Jokowi mengatakan Budi saat ini masih menjalani isolasi di RSPAD Gatot Soebroto.

“Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) masih di rumah sakit, di ruang isolasi,” ucap Jokowi.”

Diketahui hingga artikel ini dibuat, belum ada pernyataan resmi dari Presiden Jokowi terkait hasil pemeriksaannya. Namun ada beberapa menteri dalam kabinet yang mengaku hasilnya negatif virus corona atau Cofid-19 seusai melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan hasil tes Cofid-19 di RSPAD akan keluar dalam 3 hingga 4 hari. “Hasilnya oke, tapi pemeriksaan yang lab 3-4 hari,” ujar Johnny usai melakukan pemeriksaan, di RSPAD, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020).

[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”
[SALAH] “Hasil Pemeriksaan Presiden Jokowi Positif Virus Corona”

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/myUdM
2.https://web.facebook.com/photo.php?fbid=1101068246927396&set=a.156666558034241&type=3
3. https://news.detik.com/berita/d-4939909/presiden-jokowi-jalani-tes-virus-corona-sore-ini
4.https://news.detik.com/berita/d-4940015/menkominfo-tes-corona-di-rspad-hasilnya-3-4-hari?single=1
5.https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/menteri-menteri-jokowi-jalani-tes-infeksi-corona-bagaimana-hasilnya

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1136038700061997/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here