[SALAH] Himbauan Penutupan TPU Akibat Virus Corona, Jenazah Diminta Diletakkan Terlebih Dahulu di Rumah

34

[SALAH] Himbauan Penutupan TPU Akibat Virus Corona, Jenazah Diminta Diletakkan Terlebih Dahulu di Rumah

Hasil Periksa Fakta oleh Annisya Chintya Putri Ariswandi (Anggota Komisariat Mafindo BSI)

Beredar informasi bahwa TPU Tanah Kusir ditutup dan dianjurkan untuk menunda pemakaman dan menaruh sementara jenazahnya dirumah pihak keluarga. Setelah ditelusuri, keterangan yang dimaksud dalam kata tutup bukanlah terkait dengan larangan pemakaman jenazah melainkan hanya tutup dalam hal pelayanan seperti halnya administrasi dan pembuatan izin.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan

Kategori: False Context

Sumber: Pesan Berantai Whatsapp

Narasi:
“Kepada Masyarakat diberitahukan, tolong disampaikan kepada masyarakat sekitar agar : Dapat menunda dulu saatnya untuk meninggal dunia , karena Tempat Pemakaman Umum ditutup mulai tanggal 16 Maret 2020 s/d 30 Maret 2020. Dan bagi yang sudah meninggal, mohon jenazahnya taruh dulu di rumah karena pemakamannya baru dapat dilaksanakan besok tanggal 31 Maret 2020. Ini asli dan bukan hoax ~> tidak percaya *lihat ini…..👇👇👇”

Penjelasan:

Beredar kabar melalui pesan berantai Whatsapp bahwa TPU Tanah Kusir ditutup dan dianjurkan untuk menunda pemakaman, yakni dengan menaruh sementara jenazahnya di rumah pihak keluarga. Setelah ditelusuri lebih lanjut, memang benar adanya bahwa penutupan sementara TPU dilakukan hingga tanggal yang tertera pada poster, namun hanya untuk pelayanan ziarah dan administrasinya saja bukan berkaitan dengan pelayanan menguburkan jenazah.

Melansir dari Sindonews.com, pengawas TPU Tanah Kusir, Sobari menjelaskan bahwa terdapat kesalahpahaman pada papan petunjuk informasi tersebut.
“Pemakaman jenazah masih bisa dilakukan, yang boleh dikebumikan di wilayah TPU DKI Jakarta yakni mereka yang berdomisili di Ibu Kota ataupun seseorang yang meninggal dunia di Jakarta. Kemudian pihak keluarga harus melampirkan ketentuan yang berlaku. Pelayanan yang ditutup hanya pelayanan administrasi dan ziarahnya saja” ujarnya.

Akibat wabah virus corona yang menjadi pandemi global setidaknya membuat seluruh aktivitas di ruang publik yang berkaitan dengan pelayanan terpaksa ditutup sementara. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penularan virus Corona sebagaimana Ingub Nomor Nomor 16 tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease atau Covid-19.

Referensi:

https://metro.sindonews.com/read/1560760/170/viral-tpu-tanah-kusir-tutup-karena-corona-ini-penjelasan-pengelola-makam-1584529775

https://news.detik.com/berita/d-4944345/viral-tpu-di-jaksel-tutup-sementara-karena-corona-ini-faktanya

https://www.suara.com/news/2020/03/18/192142/imbas-corona-pemakaman-ditutup-dan-tak-boleh-dikunjungi-sampai-30-maret


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here