[SALAH] Ijazah SMA Jokowi Palsu

5

[SALAH] Ijazah SMA Jokowi Palsu

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, Jokowi adalah benar merupakan lulusan SMPP Surakarta angkatan pertama, pada tahun 1980. SMPP Surakarta sendiri telah berdiri sejak tahun 1975 yang kemudian berubah nama menjadi SMA 6 Surakarta di tahun 1985.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:

MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]:

FACEBOOK
archive.vn/J63Re

[SALAH] Ijazah SMA Jokowi Palsu

======

[NARASI]:

“Tahun 1980 SMPP 40 Surakarta belum pernah meluluskan murid. Lulusan pertama SMPP Surakarta adalah tahun 1981. Kok Agung melegalisir ijazah SMPP Jokowi yang bertahun kelulusan 1981?
Berapakah bayaran yang diterima Agung. KPK bisa menciduk Agung karena disuap Jokowi.”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan gambar dari media sosial Facebook yang mengklaim bahwa ijazah kelulusan SMPP Jokowi adalah palsu. Pasalnya, SMPP Surakarta tempat Jokowi menempuh pendidikan menengah atas, diklaim baru meluluskan murid angkatan pertama di tahun 1981. Gambar tersebut pun mengklaim bahwa Kepala Sekolah SMA 6 Surakarta saat ini, Agung Wijayanto, telah disuap oleh Jokowi agar mau melegalisir ijazah palsunya.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata legalisir ijazah kelulusan Jokowi dari SMA 6 Surakarta adalah sah. Melansir dari artikel Jawapos, Kepala Sekolah SMA 6 Surakarta saat ini, Agung Wijayanto menjelaskan bahwa sebenarnya SMA 6 Surakarta telah berdiri sejak tahun 1975 dengan nama awal SMPP (Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan). SMPP tempat Jokowi bersekolah, kemudian diubah namanya melalui Surat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 353/0/1985 menjadi Sekolah Menengah Umum Atas atau saat itu disebut SMA 6 Surakarta.

Jokowi sendiri masuk di SMPP (SMA 6) sebagai angkatan pertama di tahun 1976 dan lulus di tahun 1980. Jadi, pernyataan bahwa SMPP Surakarta baru meluluskan angkatan pertama di tahun 1981 adalah salah.

Hoaks mengenai ijazah palsu Jokowi ini pun merupakan jenis hoaks berulang. Melansir dari turnbackhoax.id, sebelumnya telah ada hoaks mengenai ijazah SMA palsu dari Jokowi, dan hoaks yang mengatakan bahwa ijazah Jokowi dari UGM adalah palsu.

Dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa ijazah SMA Jokowi palsu adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.jawapos.com/jpg-today/16/01/2019/ijazah-sma-jokowi-dituding-palsu-ini-penjelasan-kepala-sekolah

[SALAH] Ijazah SMA Jokowi Palsu

https://regional.kompas.com/read/2019/01/16/15293651/tahun-kelulusan-jokowi-ramai-diperdebatkan-ini-penjelasan-sman-6-surakarta

[SALAH] Ijazah SMA Jokowi Palsu

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here