[SALAH] “Ini beneran ikan duyung”

18

[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

Pelintiran daur ulang, per tahun 2017 sudah diperiksa oleh Snopes. Bukan ikan duyung, yang benar adalah robot animatronik.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Iklan Layanan Masyarakat

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

http://bit.ly/2YxL4zt akun “Presiden Runner Up” (twitter.com/P3nj3l4j4h), sudah dibagikan 623 kali per tangkapan layar dibagikan.

======

NARASI

“Ini beneran ikan duyung.. 😱😱😱

Klo beneran ko ga sesuai dg gambaran selama ini yg cantik. 😆

*lokasi ga tau td dishare ke wag (dgr bahasanya sich sprti vietnam)”.

======

PENJELASAN

[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video dokumentasi robot animatronik.
  • SUMBER menambahkan narasi yang membangun premis pelintiran yang tidak sesuai dengan fakta.

[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

(2) Snopes: “… Rahasia sesungguhnya di balik video adalah, karena itu adalah karya seni yang dibuat oleh seorang seniman. Berita yang diterbitkan di Myanmar menyatakan bahwa itu adalah seorang seniman dari Myanmar yang menciptakan sebuah mahakarya dengan menggunakan kayu dan serat dan karya seni ini terbuat dari sebuah motor di tenggorokannya untuk membuatnya terlihat alami. …”

Selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.


[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

(3) Wikipedia: “Animatronics

Animatronics adalah penggunaan perangkat atau motor yang ditarik kabel untuk menghidupkan replika manusia atau hewan, atau membawa karakteristik seperti manusia hidup ke benda mati. Animatronics pertama kali diperkenalkan oleh Disney pada tahun 1962 untuk film Mary Poppins (dirilis pada tahun 1964) yang menampilkan burung animatronik. Ini dikendalikan sepenuhnya oleh kabel sepeda. Animatronik modern cenderung menggunakan robotika dan telah menemukan aplikasi luas dalam efek khusus film dan taman hiburan dan, sejak awal, telah digunakan terutama sebagai tontonan hiburan. [1] [2] Robot yang dirancang untuk menjadi tiruan manusia yang meyakinkan lebih spesifik dilabeli sebagai android . [3][4] [5]

Animatronics adalah bidang multi-disiplin yang mengintegrasikan anatomi , robot, mekatronik , dan boneka yang menghasilkan animasi seperti manusia. [6] [7] Tokoh animatronik sering ditenagai oleh pneumatik, hidrolika, dan / atau dengan cara listrik, dan dapat diimplementasikan menggunakan kontrol komputer dan kontrol manusia, termasuk teleoperasi . Aktuator gerak sering digunakan untuk meniru gerakan otot dan menciptakan gerakan realistis pada anggota tubuh. Figur-figur ditutupi dengan cangkang tubuh dan kulit fleksibel yang terbuat dari bahan plastik keras dan lunak dan dilengkapi dengan detail seperti warna, rambut dan bulu serta komponen lainnya untuk membuat sosok itu lebih seperti hidup. …”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2YdiWm2.

======

REFERENSI

(1) Snopes: “Apakah Putri Duyung Asli Ditemukan di India?

Gambar yang konon menunjukkan putri duyung sungguhan didasarkan pada patung animatronik.

DAN EVON
DITERBITKAN 19 DESEMBER 2017

… “Putri duyung” ini sebenarnya adalah patung animatronik. Meskipun kami belum dapat menemukan banyak informasi tentang siapa yang membuatnya atau di mana saat ini ditampilkan, kami menemukan foto yang menunjukkan seorang seniman sedang mengerjakan proyek ini.

Gambar itu disertai dengan beberapa informasi tambahan tentang “putri duyung.” Situs web The News Fact melaporkan bahwa itu terbuat dari kayu dan serat dan ada motor di tenggorokan untuk mensimulasikan pernapasan:

(foto)

Rahasia sesungguhnya di balik video adalah, karena itu adalah karya seni yang dibuat oleh seorang seniman. Berita yang diterbitkan di Myanmar menyatakan bahwa itu adalah seorang seniman dari Myanmar yang menciptakan sebuah mahakarya dengan menggunakan kayu dan serat dan karya seni ini terbuat dari sebuah motor di tenggorokannya untuk membuatnya terlihat alami.

Tidak jelas apakah putri duyung ini diciptakan sebagai penyangga film atau hanya sebagai karya seni. Namun, kami yakin itu menunjukkan kreasi buatan manusia dan bukan putri duyung asli.

DITERBITKAN 19 DESEMBER 2017

OLEH DAN EVON…”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2Y9krS6 (arsip cadangan di http://archive.fo/dOJSG).
Artikel dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2K5pxWZ (arsip cadangan di http://archive.fo/Q89eG).


[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

(2) http://archive.fo/uk1Zo, arsip cadangan SUMBER.


[SALAH] "Ini beneran ikan duyung"

(3) http://bit.ly/2OscfrK, laporan (mention) ke akun MAFINDO (twitter.com/turnbackhoax).




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here