[SALAH] “Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno”

27

[SALAH] "Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno"

Hasil periksa fakta Ayang Setiawan (Universitas Suryakancana).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, pria dalam foto tersebut bukanlah Widjiatno, melainkan jendral Wang Zhen yang merupakan figur politik Tiongkok dan salah satu dari Delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

Iklan Layanan Masyarakat

====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

====

SUMBER: Facebook

[SALAH] "Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno"

https://archive.vn/aCWDQ

====

NARASI:

“GARA2 TUKANG ANGON BEBEK ANGSA INI NEGARAKU TERCINTA JADI AMBURADHUL..SAUDARA2 KU BNYK YG JADI KORBAN”

“Ini lho bapaknya Jokowi, yang namanya Widjiatno!! Dokumen Negara sudah dibuka! Jokowi asli PKI Tulen! Ganyang Jokowi PKI”

====

PENJELASAN:

Akun facebook bernama Cintya Bella mengunggah sebuah foto dengan narasi, “GARA2 TUKANG ANGON BEBEK ANGSA INI NEGARAKU TERCINTA JADI AMBURADHUL..SAUDARA2 KU BNYK YG JADI KORBAN”. Unggahan tersebut di posting pada 13 Oktober 2020

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut adalah salah. Faktanya, pria dalam foto tersebut bukanlah Widjiatno, melainkan jendral Wang Zhen yang merupakan figur politik Tiongkok dan salah satu dari Delapan Tetua Partai Komunis Tiongkok.

Wang Zhen lahir di Kabupaten Liuyang, Hunan, Tiongkok, 11 April 1908 – meninggal di Guangzhou, 12 Maret 1993 pada umur 84 tahun. Ia adalah orang dekat Presiden Tiongkok berkuasa Li Xiannian pada masa jabatan tahun 1982 hingga 1985.

Bantahan terkait ayah asli Pak Jokowi adalah pria berseragam seperti pada gambar sudah di periksa faktanya oleh Mafindo, “[SALAH] Akhirnya Bocor Juga Bapaknya Jokowi Yang Asli” yang tayang pada 29 Juli 2020.
Lencana palu arit di kerah seragam yang berwarna merah pada foto merupakan rekayasa. Sebab, foto asli Wang merupakan foto hitam putih.

Dikutip dari Detik.com, nama ayah kandung Jokowi adalah Wijiatno Notomiharjo. Menurut buku “Saya Sujiatmi, Ibunda Jokowi, Kisah Perempuan Pengajar Kesederhanaan”, Notomiharjo tinggal bersama kakeknya di Kampung Klelesan, Desa Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, semasa melajang.

Sementara itu, menurut arsip pemberitaan Tempo, ayah Notomiharjo atau kakek kandung Jokowi bernama Lamidi Wiryo Miharjo. Dikutip dari Detik dan Tempo, Lamidi merupakan Kepala Desa Kragan, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah. Ia menjabat sejak 1950 hingga 1980-an.

Dengan demikian, foto prajurit yang diisukan sebagai ayah pak Jokowi adalah salah dan merupakan konten yang menyesatkan.

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here