[SALAH] Isu Bom Di Pintu Masuk Mall Panakukang

11

Foto: Detik.com

Sebuah isu mengenai adanya bom membuat pengunjung mall panakukang berhamburan. beredar video-video amatir disertai narasi adanya ancaman bom di mall tersebut. faktanya, kejadian yang terjadi di mall panakukang pada senin (13/05/2019) malam adalah insiden bentrokan antara ojek online dengan becak motor.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU / HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Para pengeunjung mall Panakukang, Makassar, Sulawesi Selatan dihebohkan dengan beredarnya informasi mengenai adanya bom di pintu masuk mall tersebut. Sontak informasi itu membuat pengunjung seisi mall berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Setelah ditelusuri, dilansir dari detik.com, kejadian yang sebenarnya terjadi adalah adanya bentrokan antara ojek online dengan becak motor, tepatnya di terowongan mall Panakukang.

Dari video yang didapat keduanya saling serang menggunakan kayu. Terlihat seorang tukang grab driver sempat dikeroyok oleh tukang bentor.

“Ada berantem antara ojol (ojek online) dengan bentor di depan mal,” kata Kasat Reskrim Polres Makassar AKBP Indratmoko kepada detikcom, Senin (13/5/2019).

Indratmoko menjelaskan tidak ada bom dalam peristiwa ini. Peristiwa yang sebenarnya terjadi adalah keributan antara massa ojek online dan bentor alias becak motor.

Dia menambahkan, di tengah aksi ribut-ribut itu, ada seorang yang berteriak ‘bom’. Teriakan itulah yang membuat pengunjung Mal Panakkukang berhamburan keluar dari gedung.

“Ada yang teriak bom, makanya pada keluar,” ucapnya. Dalam video yang tersebar di media sosial, tampak para pengunjung mal panik menuju arah keluar pintu mal.

Peristiwa itu berlangsung sekitar pukul 18.15 Wita. Pihak yang bertikai saat ini sedang berada di Mapolsek Panakkukang. pemicu tawuran ditengarai karena adanya rebutan konsumen oleh ojol dan bentor saat sedang mangkal di sekitar Mal Panakukang.

======

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-4547871/isu-bom-di-mall-makassar-hoax-ini-kejadian-sebenarnya

https://news.detik.com/berita/d-4547838/ada-hoax-bom-di-mal-panakkukang-pengunjung-berhamburan


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here