[SALAH] Jokowi Nyatakan “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA”

27

[SALAH] Jokowi Nyatakan “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA”

Screenshot atau tampilan layar dari CNN Indonesia yang bertajuk “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA” adalah hasil editan. Faktanya tampilan layar itu berjudul “Presiden Jokowi Turut Berbela Sungkawa Terkait Gempa & Tsunami di Sulteng” yang ditayangkan akun You Tube CNN Indonesia pada 28 September 2018 lalu.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Whatsapp

=====

NARASI:

“JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA,” beredar Screenshot atau tampilan layar dari Breaking News dengan logo CNN Indonesia.

=====

PENJELASAN:

[SALAH] Jokowi Nyatakan “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA”
[SALAH] Jokowi Nyatakan “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA”

Pengikut Fan Page dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau MafindoID yakni @satiti.siwi menanyakan kebenaran dari screenshot atau tampilan layar yang menampilkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tulisan BREAKING NEWS, “Presiden Jokowi Jalani Tes Virus Corona Sore Ini” dengan logo media CNN Indonesia.

Setelah ditelusuri, tampilan layar tersebut tidak benar adanya atau merupakan hasil editan.

Faktanya, pada tampilar layar tersebut benar Presiden Jokowi dan merupakan karya dari CNN Indonesia. Hanya saja judul aslinya adalah “Presiden Jokowi Turut Berbela Sungkawa Terkait Gempa & Tsunami di Sulteng” yang ditayangkan pada 28 September 2018 lalu.

Akun You Tube CNN Indonesia juga menambahkan narasi penjelasannya sebagai berikut:

“Presiden Joko Widodo menyampaikan bela sungkawa, kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dalam konferensi pers yang dilakukan di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Presiden Jokowi mengaku telah memberi perintah kepada Menko Polhukam, Wiranto, untuk mengoordinasikan upaya tanggap darurat penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah,” tulis akun You Tube CNN Indonesia, 28 September 2018.

Konten CNN Indonesia yang dirubah dengan judul “JANGAN KELUAR RUMAH, KALO BOSAN NONTON DRAKOR SAJA” dalam kategori misinformasi atau disinformasi dari First Draft, dapat masuk sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi dengan arti “Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

Sebelumnya diketahui Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan Social Distancing dalam menghadapi virus corona atau Covid-19. “Yang paling penting social distancing bagaimana kita menjaga jarak. Dengan kondisi itu kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah,” kata Presiden Jokowi, Minggu (15/3).

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/XigAi

2. https://www.youtube.com/watch?v=vwOAFBDdmcA

3.http://www.suara.com/lifestyle/2020/03/15/151433/bukan-lockdown-ini-kebijakan-presiden-jokowi-terkait-pencegahan-covid-19?fbclid=IwAR3wsb6rAQ97Jg_TAlwI4bWoF-qc7StKQ-OEPQouxtmqvYoTH8B3A4-FmuQ

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1136522993346901/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here