[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang

12

[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Video pada postingan tersebut adalah hasil editan, klaim mengoyang-goyangkan tabung gas LPG akan menimbulkan ledakan adalah tidak benar. Kedua hal ini merupakan hoaks daur ulang yang juga beredar pada tahun 2017 lalu.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/uohWc

= = = = =

NARASI:

“LARANGAN KERAS!!! TABUNG GAS tdk boleh di GOYANG2, sekali pun TABUNG kosong, bisa menimbulkan LEDAKAN YG DAHSYAT!!! SEBARKAN

Silahkan lihat gambar dua orang ini sedang memper baiki tabung gas yg mampet dengan cara di goyang goyang akibat nya tabung meledak ber keping2 termasuk tubuh dua orang hancur ….se x lagi hati2 tabung jangan di goyang …tolong bantu di share ya kpd yg belum tahu demi keselamatan teman & sdra kita tengkyou..”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Facebook video dua orang sedang mengoyang-goyangkannya tabung untuk memperbaiki tabung. Sampai akhirnya tabung tersebut meledak mengenai dua orang yang ada dalam video tersebut. Postingan yang diunggah oleh akun bernama Imam Sudrajat ini mengklaim tabung gas tersebut meledak karena digoyang-goyang pada 26 Oktober 2020.

Setelah melakukan penelusuran, ternyata video dengan klaim tersebut adalah hoax yang muncul kembali. Menurut turnbackhoax.id video yang mengklaim tabung gas meledak karena digoyang-goyang ini muncul pada 2017.

“Terjadinya ledakan pada tabung LPG lebih disebabkan oleh bocornya gas dari tabung LPG dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti kebocoran selang gas, pemasangan regulasi yang salah, dan tidak menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai.”

Melansir dari tribunbatam.id, PT. Pertamina mengatakan tekanan di dalam tabung gas elpiji hanya sebesar 8 bar sementara tabung baru bisa meledak pada tekanan melebihi 7.000 bar. Untuk mencegah ledakan dan kebakaran menggunakan selang dan regulator dengan kualitas terbaik adalah cara yang bisa dilakukan. Selain itu, memperhatikan sirkulasi udara di ruang tempat kita menyimpan gas juga wajib diperhatikan agar memperkecil resiko ledakan.

Dengan demikian infomasi pada Facebook tidak benar. Video tabung gas LPG meledak dikarenakan digoyang-goyang adalah tidak benar sehingga hal ini masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

====

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2017/10/23/hoax-video-tabung-gas-meledak-karena-digoyang-goyangkan/
https://batam.tribunnews.com/2019/02/28/benarkah-menggoyang-goyang-tabung-gas-bisa-picu-ledakan-simak-jawabannya-disini

[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang
[SALAH] Ledakan Tabung Gas LPG Karena Digoyang-goyang

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here