[SALAH] Mahasiswa Meninggal saat Demo di DPRD Pekanbaru

31

[ad_1]

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Klaim tersebut tidak benar. Kondisi mahasiswa tersebut saat ini sudah membaik, dan tengah menjalani masa pemulihan di RS Awal Bross Panam, Kota Pekanbaru.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/cO96G

= = = = =

NARASI:

“Demo di DPRD Pekanbaru..
Mahasiswa riau sudah meninggal 1 karna kebijakan yg mementingkan cukong…

Rezim Jokowi Haus Darah…”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar postingan dari akun Facebook Tauhid berupa sebuah tangkapan layar dengan keterangan seorang mahasiswa meninggal saat demo di DPRD Pekanbaru. Postingan ini disukai sebanyak 94 kali dan disebarkan kembali sebanyak 198 kali.

Menurut artikel berita liputan6.com, pada artikel tersebut menjelaskan kronologi dari tersebarnya hoaks tersebut. Berita mahasiswa yang diketahui bernama Dody Wahyudi sempat viral karena adanya video yang menayangkan wajahnya yang berdarah setelah mengikuti demo Omnibus Law kemudian ia digotong bersama beberapa mahasiswa lainnya. Pembuat hoaks tersebut menyebarkan berita di media sosial yang menyatakan bahwa Dody telah meninggal pada malam hari sedangkan Dody masih menjalani perawatan di RS Awal Bross Panam, Kota Pekanbaru.

Kondisi Dody yang mulai membaik setelah 5 hari rawat inap dan pada 12 Oktober 2020 lalu mendapat kunjungan oleh Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto, Kabid Dokkes Komisaris Besar Priyo Kuncoro, Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Nandang Mu’min Wijaya dan pejabat Polda Riau lainnya. Humas Awal Bross Pekanbaru dr Rumatha Sihaloho menjelaskan bahwa Dody masih menjalani pemulihan dan ditangani oleh dokter spesialis mata dan THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan).

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim mahasiswa di Riau meninggal saat demo Omnibus Law di DPRD Pekanbaru adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4384177/cek-fakta-hoaks-kabar-mahasiswa-tewas-usai-demo-tolak-omnibus-law-cipta-kerja-di-pekanbaru
https://www.liputan6.com/regional/read/4380246/sempat-jadi-korban-hoaks-meninggal-saat-demo-tolak-omnibus-law-kondisi-dody-membaik

[ad_2]

Source link

Previous article[SALAH] Sampul Koran Tempo “Kalau Pemerintah bilang mirip RAMBO Ya mirip RAMBO”
Next articleGelar PKD, PMII Komisariat STITNU Siapkan Kader Pemikir dan Penggerak di Kabupaten Pangandaran
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here