[SALAH] Mantan Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

19

[SALAH] Mantan Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisarian MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Kabar tersebut palsu. Politisi PPP, Arsul Sani membantah isu yang menyebutkan Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz meninggal dunia.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: TWITTER

[SALAH] Mantan Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

https://archive.vn/inwt3

= = = = =

NARASI:

“Sudah kembali Ke Hadirat Illahi Robbi, Putra Daerah Ketapang pernah Menjabat sebagai Wakil Presiden RI … Innalillahi wa’innaillaihi Roji’un telah meninggal dunia : Bapak H. Hamzah Haz, hari ini : Senin 19 Oktober 2020, Pukul: 13.45 WIB. Semoga Khusnul Khotimah ”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter bernama Aceng Nasir (@Acengnasir) mengunggah status yang menyebut Hamzah Haz, Wakil Presiden RI ke-9 meninggal dunia pada Senin, 19/10/2020 pukul 13:45 WIB.

Dilansir dari ppp.or.id, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PPP Arsul Sani membantah isu tersebut. Arsul mengatakan dirinya mendapatkan informasi kondisi terakhir dari ajudan Hamzah Haz.

“Ajudannya telepon ajudan saya, beliau (Hamzah Haz) masih hidup,” kata Arsul saat dikonfirmasi, Senin (19/10/2020).

Kendati demikian, Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha mengatakan kesehatan Hamzah Haz sedang menurun hari ini. Beliau tengah mendapatkan perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Hamzah Haz dikabarkan sakit akibat gangguan fungsi organ.

“Tadi drop, masuk ke ICU. Sampai saat ini masih di ICU,” kata Ketua DPP PPP Syaifullah Tamliha ketika dihubungi, Senin, (19/10/2020).

Dilansir dari detik.com, sebelumnya di media sosial, termasuk Twitter juga grup WhatsApp, ada sejumlah akun mencuitkan isu meninggalnya Hamzah Haz. Namun PPP membantah isu tersebut dan mengatakan Hamzah Haz masih hidup dan tengah dalam perawatan. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Palsu.

= = = = =

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here