[SALAH] “Mari Saudara2 MUSLIMKU Bantu Saudara kita Dengan Kirim Fotto ini Lewat Whatshaap”

2


Hoaks berulang, sudah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2019 dan 2017. Whatsapp dan perusahaan lain yang waras dan sah tidak pernah membuat program penggalangan dana seperti yang disebutkan di narasi pesan berantai yang diedarkan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten Palsu.

SUMBER: Facebook, https://archive.fo/xBNY6 (arsip cadangan).

NARASI: “Takbiir AllahHuakbar 3x

Mari Saudara2 MUSLIMKU Bantu Saudara kita Dengan Kirim Fotto ini Lewat Whatshaap

Insyaa Allah…. Allah SWT Membalas Niat Baik Kita

AAMiin Ya RA’AB”.

PENJELASAN

Berdasarkan “7 Jenis Mis dan Disinformasi” oleh First Draft, termasuk “Konten Palsu: Konten baru yang 100% salah dan didesain untuk menipu serta merugikan” [1]

SUMBER membagikan hoaks daur ulang, pernah diklarifikasi sebelumnya pada tahun 2019 (bulan Juli dan Februari) dan 2017.

Verifikasi Klaim

Hoax-Slayer: “… Namun, postingan itu hanya tipuan jahat bahwa pengguna gambar bayi dan seorang wanita muda dicuri dari situs web lain. WhatsApp pasti tidak akan menyumbangkan uang untuk ini atau anak lain berdasarkan berapa kali sebuah pos dibagikan. Tidak akan ada perusahaan lain. Membagikan pos tidak akan membantu bayi dalam gambar dengan cara apa pun. …” [2]

FAQ WhatsApp: “… Anda mungkin saja sedang menjadi target skema penipuan jika yang di bawah ini mendeskripsikan pesan yang Anda terima, melalui WhatsApp atau email:

  • Pengirim pesan mengaku berafiliasi dengan WhatsApp.
  • Pesan berisi instruksi yang meminta Anda untuk meneruskan pesan.
  • Pesan mengklaim bahwa Anda dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika Anda meneruskan pesan tersebut.
  • Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain. …” [3]

turnbackkhoax.id: “Whatsapp dan perusahaan lain yang waras dan sah tidak pernah membuat program penggalangan dana seperti yang disebutkan di narasi pesan berantai yang diedarkan.” [4] [5] [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi”, https://bit.ly/3gvztci (Google Translate) / https://archive.st/pabo (arsip cadangan).

[2] hoax-slayer.net: “WhatsApp Tipuan Donasi Bayi Buta Masih Beredar” (Google Translate), https://archive.fo/Hm4FC (arsip cadangan).

[3] faq.whatsapp.com: “Pesan hoaks”, https://bit.ly/3jLk3TA / https://archive.md/Tolg4 (arsip cadangan).

[4] turnbackhoax.id: “[SALAH] “Bantu Saudara kita Dengan Kirim Fotto ini Lewat Whatshaap””, http://bit.ly/2ZbMyMT / https://archive.md/PQUP6 (arsip cadangan).

[5] turnbackhoax.id: “[SALAH] “whatsapp akan mengumpulkan dana setiap kali gambar dibagikan””, http://bit.ly/2yc1FtX / https://archive.md/3pvY7 (arsip cadangan).

[6] turnbackhoax.id: “[HOAX] “Bayi Ini Lahir Dalam Keadaan Buta dan Perlu $200,000 Untuk Perawatannya Sampai Dia Bisa Melihat Kembali””, http://bit.ly/2JPxL59 / https://archive.md/0IJO1 (arsip cadangan).

Source link

Previous article[SALAH] Foto “Lionel Messi memegang seragam PDI-P”
Next article[SALAH] Email dari PT Pos Indonesia Terkait Kegagalan Pengiriman Barang
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here