[SALAH] Memakan Bawang Merah dan Meneteskan Air Perasan Lemon ke Hidung Dapat Mengobati Covid-19

2


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Tidak ada bukti ilmiah bahwa memakan bawang merah dan meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat mencegah maupun mengobati Covid-19.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/iaazQ

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Makanlah bawang merah 3 kali sehari, balurkan garam laut di dekat hidung. Tidur dengan posisi tengkurap selama 2 jam. Teteskan air perasan lemon ke hidung untuk melawan Covid19.”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook dengan nama pengguna Pam Vredenburg mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa memakan bawang merah dan meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat mengobati Covid-19.

Berdasarkan hasil penelusuran, WHO melalui situs resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa meneteskan air perasan lemon dapat mencegah maupun mengobati Covid-19. Melansir dari Times Now, dokter spesialis onkologi Rumah Sakit Wockhardt – Mira Road, Mumbai, dr. Chandra Veer Singh, menyatakan bahwa meneteskan air perasan lemon ke hidung dapat menyebabkan sinusitis, yaitu penyakit iritasi dan peradangan saluran pernapasan.

Lebih lanjut, klaim bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19 juga pernah beredar sebelumnya di India. Pemerintah India melalui akun Twitter resminya telah menegaskan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa memakan bawang merah dapat mengobati Covid-19.

Narasi lemon mampu mencegah maupun mengobati Covid-19 sudah beberapa kali beredar sebelumnya. Artikel dengan topik serupa juga telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook dengan nama pengguna Pam Vredenburg tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.who.int/images/default-source/searo—images/emergencies/covid19/fact-or-fiction/covid19-fact-or-fiction–lemon-turmeric.tmb-1920v.png?sfvrsn=d74ffac0_1

https://twitter.com/mygovindia/status/1385462084268269568

https://www.timesnownews.com/health/article/fact-check-no-scientific-evidence-to-prove-lemon-drops-taken-into-your-nose-can-kill-coronavirus/752836

https://turnbackhoax.id/2020/04/16/salah-obat-virus-corona-ditemukan-hanya-berbahan-lemon-dan-teh-hangat/

https://turnbackhoax.id/2021/02/11/salah-vietnam-tanpa-kasus-kematian-akibat-covid-19-karena-campuran-teh-panas-dan-lemon/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian



Source link

Previous article[SALAH] Permen Susu di Banyumas Mengandung Narkoba
Next article[SALAH] Gambar Artikel CNN Indonesia: “Selain Suka Makanan Extrem Kelelawar Panggang (Kepang), Jokowi Juga Gemar Makan Bipang Ambawang (Babi Panggang)”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here