[SALAH] Memakan Pisang pada Malam Hari Menyebabkan Batuk

14

[SALAH] Memakan Pisang pada Malam Hari Menyebabkan Batuk

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Memakan pisang pada malam hari tidak menyebabkan batuk. Namun, mengonsumsi pisang dapat memicu produksi histamin yang berlebihan dalam tubuh, yang akan mengarah kepada intoleransi histamin.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = =

KATEGORI: False content/konten yang salah

= = = =

SUMBER:
Instagram
https://web.archive.org/web/20210411231014/https://www.instagram.com/accounts/login/

= = = =

NARASI:

(Narasi dalam gambar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia)
“Apakah kamu tahu? Kamu seharusnya tidak memakan di sore atau malam hari karena menyebabkan batuk. Menurut Ayurveda, waktu terbaik untuk memakan pisang berkisar di antara pukul 8-11 pagi.”

(Narasi asli dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Telah beredar sebuah gambar di akun Instagram beauty_fact_s yang mengatakan bahwa tidak baik untuk memakan pisang pada sore dan malam hari. Narasi tersebut mengatakan bahwa memakan pisang pada malam hari akan menyebabkan batuk. Narasi tersebut juga mengatakan waktu yang tepat untuk memakan pisang adalah pada pukul 8-11 pagi.

Setelah melakukan penelurusan, hal tersebut tidaklah benar. Mengonsumsi pisang pada malam hari tidak mengakibatkan batuk. Hanya saja, dapat memicu produksi histamin yang berlebih dalam tubuh. Melansir dari laman Alodokter, histamin merupakan zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh ketika tubuh bereaksi terhadap alergi atau infeksi.

Meskipun keberadaan histamin sangat baik bagi kekebalan tubuh dalam melawan alergi dan infeksi, histamin yang diproduksi secara berlebih dapat menyebabkan masalah dan mengganggu fungsi tubuh. Melansir dari laman Alodokter, beberapa efek yang timbul akibat produksi histamin yang berlebih adalah mengalami sesak nafas dan hidung tersumbat serta berair, yang gejalanya mirip dengan gejala flu. Kondisi inilah yang dinamakan sebagai intoleransi histamin. Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu produksi histamin yang berlebih. Melansir dari laman Histamine Intolerance Awareness, pisang merupakan salah satu makanan yang mengeluarkan histamin atau histamine releasers, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi berlebihan.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram beauty_fact_s tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false content atau konten yang salah.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.alodokter.com/pereda-alami-reaksi-histamin
  2. https://www.histamineintolerance.org.uk/about/the-food-diary/the-food-list/

= = = =

(Narasi asli)

“Did u know? You shouldn’t eat bananas at evening or at night as it can cause severe coughs. According to Ayurveda, the best time to eat banana is from 8 am to 11 am.”

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian

[SALAH] Memakan Pisang pada Malam Hari Menyebabkan Batuk
[SALAH] Memakan Pisang pada Malam Hari Menyebabkan Batuk
[SALAH] Memakan Pisang pada Malam Hari Menyebabkan Batuk



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here