[SALAH] Menepuk Lengan Sebagai Pertolongan Darurat Serangan Jantung

15

[SALAH] Menepuk Lengan Sebagai Pertolongan Darurat Serangan Jantung

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi yang palsu. Faktanya, informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar dan telah dikonfirmasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) pada tahun 2019.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Menyesatkan

====

Sumber: Facebook
https://archive.md/BRIbQ

[SALAH] Menepuk Lengan Sebagai Pertolongan Darurat Serangan Jantung

====
Narasi:
“Tiba-tiba mengalami serangan jantung di teater Singapura. Dokter dan asisten di Singapura menepuk lengan pasien, dan dia sembuh dalam 02 menit.
Video ini memberikan nasihat darurat untuk pasien jantung. Perhatikan dan cara mengatasi serangan jantung yang biasanya terjadi secara tiba-tiba! Banyak orang sangat tidak berdaya dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit!
tolong ingat:

  1. Dengan mengetuk bagian dalam siku lengan kiri di video, ada 03 titik tekanan yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru di sekitar lengan kiri.
  2. Dengan menepuk kedua lengan, peredaran darah akan dipercepat, dan Anda akan merasa hangat tanpa berkeringat.
  3. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit jantung terhambat oleh peredaran darah. Dengan mengetuk dan menepuk lengan, Anda dapat menaikkan suhu, menghindari penggumpalan, dan memperlancar peredaran darah, kemudian segera ke rumah sakit.
  4. Ada baiknya menepuk bagian ini (bagian dalam siku kiri) setiap hari, karena dapat mencegah segala penyakit jantung dan mengurangi terjadinya serangan jantung!
    Jika Anda merasa informasi ini berguna, silakan bagikan dengan teman dan keluarga, karena Anda dapat hidup! 👆”

====

Penjelasan:

Akun Facebook Pras T membagikan video disertai narasi pada grup JUAL BELI RAKET BADMINTON AREA SEMARANG RAYA yang menjelaskan pertolongan darurat untuk mengatasi serangan jantung dengan menepuk lengan pasien. Unggahan tersebut mendapatkan respon sebanyak 8 reaksi, 8 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 5 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut adalah hoaks yang pernah beredar pada tahun 2019. Untuk meluruskan informasi tersebut, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) memberikan pernyataan resmi pada 24 Juni 2019 sebagai berikut.

  1. Tidak benar menepuk siku dan lengan dapat mencegah dan mengatasi serangan jantung.
  2. Serangan jantung adalah suatu kegawatdaruratan yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah secara mendadak ke jantung. Keluhan yang dirasakan di antaranya adalah nyeri dada kiri, mual, keringat dingin, kadang disertai sesak mendadak, bahkan pingsan.
  3. Apabila menemui seseorang dengan tanda2 diatas (no.2), segera bawa orang tersebut ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut, karena semakin cepat serangan jantung diatasi, semakin baik angka keberhasilan.
  4. Apabila menemui seseorang yang tiba-tiba tidak sadar, segera cek respon, dan panggil bantuan. Apabila tidak respon, segera lakukan pijat jantung dengan kedua tangan saling bertumpu di tengah-tengah dada orang tersebut sampai dengan bantuan paramedis datang.

Sebagai tambahan, informasi yang sama juga pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul “[SALAH] TEPUK LENGAN UNTUK PERTOLONGAN PERTAMA PADA SERANGAN JANTUNG” yang terbit pada 8 Juli 2020.

Dengan demikian, unggahan yang dibagikan akun Facebook Pras T dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan karena Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menyatakan menepuk siku dan lengan dapat mencegah dan mengatasi serangan jantung.

====

Referensi:

http://www.inaheart.org/education_for_patient/2019/6/25/pengumuman_resmi_perki?fbclid=IwAR2KN5hEbzpdE4FUxZQjhSR13c1LF7TdVZRymKESni4k-WKaK8ldpfryHpk

[SALAH] Menepuk Lengan Sebagai Pertolongan Darurat Serangan Jantung

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here