[SALAH] Menteri Agama Yaqut Cholil Berasal dari Kelompok Kristen Radikal

8


Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya Menteri Agama Yaqut Cholil lahir dari keluarga besar Nahdlatul Ulama.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/U9sEI

= = =
Narasi:
“Siapa Yaqut Cholil, Mereka dari kelompok Kristen radikal yang berlindung di balik Gereja katedral Jakarta, Pion dari zionis AS (1996) berpura pura menjadi Mualaf, Dengan berkedok Mualaf untuk bisa diterima di kalangan NU Jatim menyusup ke kader PDIP jadi kader koloni dgn Banser Ansor yang disetel oleh taipan James Riady dan Hendra Priyono, Ingat Ahmadiyah dulu Yaqut Cholil salah satu tokoh pendukung Ahmadiyah 2004, Akrab dengan PBNU dan dipersiapkan untukjadi ketua umum Ansor 2014 yang lalu, Suport dana dari taipan via Gereja katedral dan PDIP serta Ansor Banser, Banser Ansor kader kadernya hampir 80% kader Neo Komunis yunior ex anak tapal kader PKI sekarang Menag, Dia dipersiapkan sejak 2017 yang lalu bakalan buat heboh melegalkan UU LGBI kaum lesbian,gay dll, Yaqut Cholil masih satu misi dengan gembong Islam liberal yang menyusup ke NU bahkan Abdul moqsith Ghozali yang masuk melalui referensi KH Ma’aruf Amin”

= = =
Penjelasan:

Akun Facebook bernama Dewi Tanjung Biru membagikan sebuah screenshot chat WhatsApp melalui postingannya yang mengklaim bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil merupakan bagian dari kelompok kristen radikal dan berkedok mualaf agar diterima NU jawa Timur.

Berdasarkan hasil penelurusan, informasi tersebut salah. Melansir dari Tirto.ID, Menteri Agama, Yaqut Cholil tumbuh di lingkungan religius yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah. Ia dibimbing dan dibina langsung ayahandanya yang merupakan ulama terkemuka asal Rembang, KH Cholil Bisri, kakak KH Ahmad Mustofa Bisri, keluarga pendiri Nahdhatul Ulama (NU).

Aktivitas keagamaan di tengah masyarakat juga sudah lama digelutinya. Dilansir dari laman resmi nu.or.id, Yaqut Cholil, merupakan pendiri dari organisasi Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok.

Selain itu, Menag Yaqut Cholil, atau biasa disapa Gus Yaqut juga pernah mengabdikan dirinya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor periode 2015-2020 yang secara resmi dilantik pada Kongres XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Dengan demikian klaim yang menyatakan Menag Yaqut Cholil berasal dari kelompok kristen radikal dan mualaf merupakan hoax dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://tirto.id/profil-menag-yaqut-cholil-ketua-gp-ansor-dari-keluarga-pendiri-nu-f8s4

https://www.nu.or.id/post/read/125459/profil-yaqut-cholil-qoumas–menteri-agama-yang-baru

= = =
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Previous articleNUZULUL QUR’AN, INSPIRASI PARA PENCINTA AL-QUR’AN
Next article[SALAH] Covid-19 Adalah Bakteri yang Terpapar Radiasi, Sumber: Kementerian Kesehatan Rusia
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here