[SALAH] Menyebut Diri Pembantu Presiden, Menteri Agama Sungkem Ke Gibran

2


Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya cuplikan artikel tersebut ternyata diedit. Ungkapan pembantu presiden bukan pernyataan dari Menteri Agama Yaqut, namun keluar dari salah satu pengguna Twitter.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEOGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER
archive.vn/mL19D

=====
[NARASI]:

“Beredar Foto Menteri Agama Sungkem ke Gibran: Saya Pembantu Bapaknya, Otomatis Anaknya Majikan Saya

@RahmaAy86090311 Mental Jongosss”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar hasil tangkapan layar dari sebuah tampilan artikel dengan judul, “Beredar Foto Menteri Agama Sungkem ke Gibran: Saya Pembantu Bapaknya, Otomatis Anaknya Majikan Saya”. Akun Twitter bernama @RahmaAy86090311 membagikan gambar ini dengan menambahkan narasi “Mental Jongos”, yang kemudian mendapatkan beragam reaksi dari masyarakat.

Namun setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa gambar tersebut adalah tangkapan layar yang telah diedit. Melansir dari media yang terdapat dalam gambar, judul artikel tersebut bukan seperti apa yang telah beredar luas di masyarakat. Artikel dari KabarBesuki, yang merupakan bagian dari media PikiranRakyat.com, ternyata berjudul, “Beredar Foto Menteri Agama Sungkem ke Gibran, Netizen: Saya Pembantu Bapaknya, Otomatis Anaknya Majikan Saya”.

Gambar Menteri Agama yang sungkem tersebut ternyata diambil pada bulan Maret 2021 silam. Kala itu keduanya bertemu di Balai Kota Solo. Adapun agenda pertemuan keduanya terjadi sehari menjelang peletakan batu pertama pembangunan miniatur Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA).

Tidak diketahui pasti mengenai alasan Menteri Agama saling melakukan sungkem kepada Gibran, namun ungkapan Menteri Agama yang menyatakan bahwa dirinya adalah pembantu Presiden adalah tidak benar. Ungkapan itu ternyata keluar dari salah satu pengguna media sosial Twitter.

“Kata menteri agama…’saya ini kan pembantu bapaknya ya otomatis anaknya juga majikan saya, salahnya dimana?’,” ungkap akun bernama @Sapuinjalan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tangkapan layar dengan judul, “Beredar Foto Menteri Agama Sungkem ke Gibran: Saya Pembantu Bapaknya, Otomatis Anaknya Majikan Saya” adalah hoaks kategori manipulated content atau konten yang telah dimanipulasi.

=====
https://kabarbesuki.pikiran-rakyat.com/berita/pr-192101781/beredar-foto-menteri-agama-sungkem-ke-gibran-netizen-saya-pembantu-bapaknya-otomatis-anaknya-majikan-saya

=====
Editor : Bentang Febrylian

Source link

Previous article[SALAH] FDA Amerika Sebut Invermectin Dapat Digunakan Untuk Sembuhkan Covid-19
Next article[SALAH] SPBU Tutup Sementara dari 12 sampai 17 Juli 2021
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here