[SALAH] Minuman Probiotik Dapat Membantu Sembuhkan Kanker

170

[SALAH] Minuman Probiotik Dapat Membantu Sembuhkan Kanker

Sebuah akun instagram mengunggah informasi yang menyebut bahwa minuman probiotik Yakult setiap hari dapat menolong penyembuhan Kanker serviks. Dokter Ahli Gizi Dr. Dr. Tan Shot Yen, M. Hum mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar. Menurut dia, informasi tersebut tidak masuk akal. Dokter Tan menjelaskan, probiotik kerap disebut dengan flora baik yang disebar ke dalam usus untuk mencegah kuman jahat agar tak berkuasa. Namun, probiotik bukan obat kanker.

======

Iklan Layanan Masyarakat
[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL (https://www.instagram.com/p/B5Pu6uwnM-v/?utm_source=ig_embed)

======

[NARASI]:

FAKTA MENGEJUTKAN !!! Apakah Anda Sering Minum YAKULT Ini? Kalo Iya Berarti Anda Wajib Baca Ini.. Dan Lihat Fakta No.9 Sebelum terlambat

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun instagram bernama sehatkepo memposting sebuah informasi yang mengklaim adanya fakta mengejutkan bahwa minuman probiotik merk Yakult dapat membantu menyembuhkan kanker serviks.

Dalam informasi yang dibagikan terdapat 10 poin manfaat meminum yakult dan nomor 9 adalah untuk membantu menyembuhkan kanker serviks. selain itu juga disebutkan minum Yakult dapat membantu menyembuhkan kanker usus besar.

Dilansir dari kompas.com, Dokter Ahli Gizi Dr. Dr. Tan Shot Yen, M. Hum mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

“Jawabnya gampang, Enggak,” kata dr Tan Selasa (3/12/2019).

Menurut dia, informasi tersebut tidak masuk akal. Dokter Tan menjelaskan, probiotik kerap disebut dengan flora baik yang disebar ke dalam usus untuk mencegah kuman jahat agar tak berkuasa. Namun, probiotik bukan obat kanker.

“Mana ada probiotik jadi kemoterapi? Enggak masuk akal. Jadi memang literasi publik kita masih ngeri ya buat urusan kesehatan,” ujarnya lagi.

Selain berfungsi menjaga keseimbangan flora usus besar, probiotik juga dianggap sebagai functional food yang memiliki manfaat memperbaiki kekebalan tubuh. Akan tetapi, yang perlu diingat, probiotik tidak bisa disejajarkan dengan obat.

Dokter Tan juga menjelaskan, setiap usus manusia pada dasarnya sudah memiliki banyak bakteri baik. Yang terpenting adalah bagaimana merawat para bakteri baik (probiotik) itu dengan memberi mereka makanan (prebiotik).

Adapun, prebiotik yang baik adalah makanan berserat . Makanan berserat bukan hanya untuk memudahkan seseorang buang air besar, tetapi juga berfungsi menjaga kesehatan usus.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/05/111535865/hoaks-minuman-probiotik-sembuhkan-kanker-serviks-dan-kanker-usus?page=all#page3

https://kominfo.go.id/content/detail/23093/disinformasi-minuman-probiotik-dapat-membantu-penyembuhan-kanker-serviks/0/laporan_isu_hoaks




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here