[SALAH] Nadiem Makarim Bayar 6 Triliun Rupiah Untuk Jadi Mendikbud

24

[SALAH] Nadiem Makarim Bayar 6 Triliun Rupiah Untuk Jadi Mendikbud

Tidak ada media arus utama yang mengangkat berita mengenai Nadiem Makarim membayar 6 Triliun Rupiah untuk menjadi Mendikbud. hal tersebut bertolak belakang dengan total kekayaan Nadiem yang tidak sampai 6 Triliun Rupiah.

======

Iklan Layanan Masyarakat
[KATEGORI]: KONTEN PALSU / HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[NARASI]:

“Barusan dapat info, Nadiem bayar Rp 6T utk jadi Mendikbud. Waaw. Lagi hangat info ini. Dan forum Pasfes memprediksi Gojek segera buka Go-News, dgn captive market peserta didik. Maka seluruh iklan masuk ke Go-News dibackup oleh perusahaan startup jaringan Go-jek.”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun twitter bernama @DjokoEdhi1 memposting narasi yang menyebut bahwa Nadiem Makarim membayar 6 Triliun Rupiah untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). kicauan tersebut muncul pada 27 Januari 2020.

Setelah ditelusuri, dilansir dari medcom.id, tidak ada pemberitaan media arus utama yang mengangkat isu dugaan Nadiem Makarim mengeluarkan uang sebanyak Rp6 triliun untuk mendapatkan posisi sebagai mendikbud. Pula, total kekayaan Nadiem tidak sampai Rp6 triliun.

Berdasarkan laporan Global Asia yang dilansir CNBCIndonesia.com melalui artikel berjudul “Intip Kekayaan Prabowo & Nadiem Makarim, Menteri Tertajir?” dimuat pada 24 Oktober 2019, disebutkan total harta kekayaan Mendikbud Nadiem sebesar US$100 juta atau setara Rp 1,4 triliun. Harta kekayaan ini didapatkan dari kepemilikan sahamnya di Gojek.

Sementara itu,dilansir Kompas.com melalui artikel berjudul “Jadi Mendikbud, Berapa Gaji Nadiem Makarim?” dimuat pada 24 Oktober 2019, disebutkan Nadiem memutuskan melepas jabatannya di perusahaan rintisan (startup) Gojek yang ia bangun sejak tahun 2009, setelah dipilih menjadi mendikbud.Pria berusia 35 tahun itu diketahui memegang saham GoJek seri D, E, dan I. Hal itu diketahui dari Data Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) per Oktober 2018.

Nadiem memiliki total 58.416 lembar saham. Jumlahnya setara dengan 4,81 persen modal di Gojek. Jika dihitung secara kasar dengan mengambil angka terendah valuasi startup unicorn (1 triliun dollar AS/Rp 14 triliun), nilai saham Nadiem di Gojek adalah sekitar Rp1,96 triliun.

Gaji Nadiem sebagai mendikbud menurut Keppres No. 68 Th 2001, tunjangan jabatan yang diterima menteri negara dan jabatan sekelasnya sebesar Rp 13.608.000 setiap bulannya. Namun, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 5.040.000. Total gaji dan tunjangan yang diterima setiap menteri tiap bulannya bisa mencapai Rp 18.648.000. Akan tetapi, masih ada tunjangan-tunjangan lain yang besarannya berkisar antara Rp 100 juta – Rp 500 juta.

======

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKRV0V5K-nadiem-makarim-bayar-rp6-triliun-untuk-jadi-mendikbud-ini-faktanya

https://tekno.kompas.com/read/2019/10/24/15020037/jadi-mendikbud-berapa-gaji-nadiem-makarim


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here