[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

31

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

Pelintiran yang selalu muncul kembali sejak 2015, foto dibagikan dengan narasi yang TIDAK sesuai dengan deskripsi asli foto.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Iklan Layanan Masyarakat

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan, Konten yang Salah.

======

SUMBER

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

Akun “Didit Sugeng Widiyatmoko” (facebook.com/diditsw / archive.md/anT72), sudah dibagikan 1,891 kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/62PYK (arsip cadangan), https://archive.md/g444b (cadangan file foto).

======

NARASI

“Kelompok serigala

3 serigala yang paling depan adalah serigala yang tua dan sakit, mereka berjalan di depan kawanan untuk mengatur kecepatan untuk seluruh kawanan. Berikutnya 5 ekor yang terkuat dan terbaik, mereka bertugas melindungi bagian depan jika ada serangan. Di bagian tengah adalah anggota lain dari kawanan seperti induk serigala dan anak anak yang selalu terlindungi dari serangan apa pun. Kemudian, 5 di bagian ekor yang juga terkuat dan terbaik yang mengikuti dan melindungi disisi belakang.

Yang terakhir sendirian, dia adalah alpha, sang pemimpin. Dia memeriksa semuanya dari belakang, memastikan tidak ada yang tertinggal. Dia selalu siap berlari ke segala arah untuk melindungi dan berfungsi sebagai “penjaga tubuh” untuk seluruh kawanan.

Seorang pemimpin bukanlah yang terdepan dan selalu menjadi nomor satu. Seorang pemimpin adalah dia yang tahu menjaga dan melindungi seluruh anggotanya.

#Filsafat #Refleksi”.

======

PENJELASAN

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

“Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* SUMBER membagikan foto yang sejak tahun 2015 sudah diperiksa dan diklarifikasi.

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* Narasi yang menyertai foto yang dibagikan oleh SUMBER TIDAK sesuai dengan deskripsi asli dari foto.


(2) Deskripsi asli foto,

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* theguardian.com: “Sekelompok besar 25 serigala kayu memburu bison di lingkaran Arktik di Kanada utara. Di pertengahan musim dingin di Taman Nasional Wood Buffalo, suhu berkisar antara -40C. Paket serigala, yang dipimpin oleh betina alfa, melakukan perjalanan satu-file melalui salju yang dalam untuk menghemat energi. Ukuran bungkusan adalah tanda seberapa kaya basa mangsa mereka selama musim dingin ketika bison lebih dibatasi oleh pemberian makanan yang buruk dan salju yang dalam. Paket serigala di Taman Nasional ini adalah satu-satunya serigala di dunia yang berspesialisasi dalam berburu bison sepuluh kali ukurannya. Mereka telah tumbuh menjadi serigala terbesar dan terkuat di dunia

Foto: Chadden Hunter / BBC NHU”.


(3) Beberapa artikel periksa fakta yang berkaitan,

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* snopes.com: “Foto ini adalah “asli” dalam arti menunjukkan serigala di Taman Nasional Wood Buffalo, tetapi paket itu tidak dipimpin oleh tiga anggota tertua dan dibuntuti oleh serigala “alfa”, seperti tersirat oleh posting Facebook yang viral. . Alih-alih, salah satu hewan yang lebih kuat memimpin kelompok untuk menciptakan jalur melalui salju bagi mereka.”

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* politifact.com: “Foto dalam posting itu nyata dan tidak berubah, tetapi keterangannya salah. Bungkusan itu tidak dipimpin oleh serigala yang lebih tua dan sakit dan “alfa” atau serigala pemimpin tidak mengangkat bagian belakang. Pada kenyataannya, serigala yang kuat memimpin paket file tunggal untuk menghemat energi untuk melewati salju yang dalam.

Posting ini Salah.”


(4) Berkaitan dengan “Status Alfa”,

[SALAH] Narasi Keliru di Foto Kawanan Serigala

* wolf.org: “Abstrak : Pandangan umum tentang serigala ( Canis lupus ) adalah pandangan sekelompokindividu-individu yang pernah berlomba-lomba untuk mendominasi tetapi ditahan oleh pasangan “alpha”, alphajantan dan alfa betina. Sebagian besar penelitian tentang dinamika sosial paket serigala, bagaimanapun,telah dilakukan pada bermacam-macam non-alami serigala tawanan. Di sini saya menggambarkantatanan sosial serigala-pack seperti yang terjadi di alam, membahas konsep alpha dan sosialdominasi dan penyerahan, dan menyajikan data tentang hubungan yang tepat di antara anggotadalam paket hidup bebas berdasarkan tinjauan literatur dan 13 musim panas pengamatanserigala di Pulau Ellesmere, Wilayah Barat Laut, Kanada. Saya berkesimpulan bahwa tipikalserigala adalah keluarga, dengan orang tua dewasa membimbing kegiatan kelompok dalam asistem pembagian kerja di mana perempuan mendominasi terutama dalam kegiatan sepertiperawatan dan pertahanan anak anjing dan jantan terutama selama mencari makan dan penyediaan makanan danperjalanan yang terkait dengan mereka.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) theguardian.com: “Sekelompok besar 25 serigala kayu memburu bison di lingkaran Arktik di Kanada utara…” https://bit.ly/2zsjyZE (Google Translate), https://bit.ly/3fjUjIb (arsip cadangan).

(3) snopes.com: “Apakah Serigala Terlama dan Terlemah Benar-Benar Memimpin Kelompok?” https://bit.ly/3hhsnqe (Google Translate), https://bit.ly/2YzxbyC (arsip cadangan).

(4) politifact.com: “Posting Facebook pada gambar paket serigala virus salah tentang perilaku hewan” https://bit.ly/37umX70 (Google Translate), https://bit.ly/3hrlGlt (arsip cadangan).

(5) wolf.org: “Status Alfa, Dominasi, dan Pembagian Kerjadalam Paket Wolf” https://bit.ly/2C47nmT (Google Translate), https://bit.ly/3fhYUL4 (arsip cadangan).


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here