[SALAH] Orang yang Shalat Aman dari Corona

10

[SALAH] Orang yang Shalat Aman dari Corona

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Klaim kegiatan shalat atau mengucapkan doa-doa tertentu bisa mencegah Covid-19 tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

= = = = =

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.vn/AHsJI

= = = = =

[NARASI]:
Ini vaksin falsu si @LisaAmartatara3 menyatakan @aniesbaswedan tidak pernah sholat, terbukti gubernur Positif terpapar Covid-19. Alhamdulillah yg sholat aman dari virus Corona.

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter bernama @SuremetO membalas cuitan yang membantah bahwa wudhu dapat mencegah dari Covid-19 dengan menjelaskan mengenai fungsi wudhu yang untuk membersihkan hadats kecil dan besar. Bukan membersihkan virus. Lalu @SuremetO membantah lagi dengan memaparkan bukti lain bahwa Anies Baswedan tidak pernah sholat, oleh karena itu Anies terpapar virus Corona, @SuremetO mengatakan bahwa orang yang sholat aman dari virus Corona.

Setelah ditelusuri, kegiatan shalat atau mengucapkan doa-doa tertentu bisa mencegah Covid-19 tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Faktanya, hingga kini kasus Covid-19 terus bertambah dari 2 kasus pada awal Maret 2020 menjadi lebih dari 500.000 kasus awal Desember 2020. Selain itu ada 17.000 lebih orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Menurut dr. Dirga Sakti Rambe, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas virus Corona sejauh ini dinyatakan dibunuh, dengan menggunakan desinfektan. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus Corona bisa mati dengan air biasa.

Dalam artikel detikhealth.com dengan judul “Viral Virus Corona Disebut Bisa Dihancurkan dengan Air, Benarkah?” pada Minggu, 02 Feb 2020, dr. Dirga Sakti Rambe, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas menyebutkan, kandungan disinfektan yang dapat membunuh Virus Corona.

“Disinfektan yang dapat membunuhnya: alkohol dengan kadar minimal 70%, klorin, hidrogen peroksida, dan kloroform. Virus ini juga mati pada pemanasan dengan suhu 56 C minimal selama 30 menit,”.

Sehingga, klaim mengenai orang yang sholat aman dari Corona termasuk hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.solopos.com/klaim-salat-bikin-aman-dari-corona-dipastikan-hoaks-ini-faktanya-1097036

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4173060/cek-fakta-wudhu-bisa-cegah-virus-corona-ini-faktanya

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4882728/viral-virus-corona-disebut-bisa-dihancurkan-dengan-air-benarkah

[SALAH] Orang yang Shalat Aman dari Corona
[SALAH] Orang yang Shalat Aman dari Corona
[SALAH] Orang yang Shalat Aman dari Corona

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here