[SALAH] “Panglima TNI…Udah pada tau kan arahnya kemana.Makan yg banyak ya jendral biar tambah sehat….”

5

Unggahan akun Facebook Ammok Fa’ath Shoveloprt atau @syafaat.muzakki yang menampilkan foto Panglima TNI, Hadi Tjahjanto yang tengah makan siang dengan Presiden Jokowi dan digabungankan dengan foto Panglima Hadi yang bertuliskan “PANGLIMA TNI : SIAPAPUN GAGALKAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH HADAPI TNI” serta ditambahkan narasi “Panglima TNI…Udah pada tau kan arahnya kemana.Makan yg banyak ya jendral biar tambah sehat….” dapat dikatakan misleading content atau konten yang menyesatkan untuk membingkai sebuah isu atau individu.

Diketahui foto Panglima Hadi dengan Presiden Jokowi adalah foto makan siang yang ditayangkan detik.com pada Kamis 7 Maret 2019. Sementara pernyataan Panglima Hadi yang mengatakan siapapun yang ingin menggagalkan pelantikan presiden berhadapan dengan TNI adalah dalam rangka menegakan konstitusi. “Siapa pun yang melakukan tindakan anarkis, inkonstitusional, cara-cara yang kurang baik, termasuk ingin menggagalkan pelantikan presiden dan wapres terpilih hasil pemilu, akan berhadapan dengan TNI,” tegasnya, Jumat (27/9).

=====

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Panglima TNI…Udah pada tau kan arahnya kemana.Makan yg banyak ya jendral biar tambah sehat….,” unggah akun Facebook Ammok Fa’ath Shoveloprt atau @syafaat.muzakki, Senin (7/10).

=====

PENJELASAN:

Akun media sosial Facebook Ammok Fa’ath Shoveloprt atau @syafaat.muzakki mengunggah foto Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal Hadi Tjahjanto yang tengah makan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto tersebut digabungkan dengan foto Panglima Hadi dengan tulisan “PANGLIMA TNI : SIAPAPUN GAGALKAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH HADAPI TNI.”

Foto tersebut yang diposting ke grup Facebook Barisan Rakyat Oposisi oleh akun @syafaat.muzakki, ditambahkan narasi sebagai berikut.

“Panglima TNI…Udah pada tau kan arahnya kemana.Makan yg banyak ya jendral biar tambah sehat….,” unggah akun Facebook Ammok Fa’ath Shoveloprt atau @syafaat.muzakki, Senin (7/10).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, foto Panglima Hadi yang tengah makan bersama Presiden Jokowi pernah dimuat oleh media daring detik.com. Dalam foto tersebut dituliskan “Makan siang bersama Presiden Jokowi, Hadi Tjahjanto disuguhkan dengan aneka masakan rumahan. Seperti nasi merah, telur balado, ikan bakar, hingga aneka sambal. Foto: Istimewa” dan ditayangkan pada Kamis, 7 Maret 2019.

Sedangkan foto Panglima Hadi dengan tulisan “PANGLIMA TNI : SIAPAPUN GAGALKAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH HADAPI TNI” dengan tambahan narasi oleh akun @syafaat.muzakki yang mengesankan TNI tidak netral atau berpihak kepada Presiden Jokowi, sebenarnya telah dibantah oleh Panglima Hadi.

Panglima Hadi menerangkan pernyataannya tersebut adalah bentuk menjaga konstitusi. Ia mengatakan presiden dan wakil presiden telah terpilih melalui proses Pemilu.

“Siapa pun yang melakukan tindakan anarkis, inkonstitusional, cara-cara yang kurang baik, termasuk ingin menggagalkan pelantikan presiden dan wapres terpilih hasil pemilu, akan berhadapan dengan TNI,” tegas Panglima Hadi, Jumat (27/9).

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/BG0bD 2.https://www.facebook.com/groups/BARISAN.RAKYAT.OPOSISI/permalink/1291344321053464/
3.https://food.detik.com/foto-kuliner/d-4457946/potret-panglima-tni-hadi-tjahjanto-saat-makan-siang-bersama-jokowi-hingga-makan-nasi-padang/3/#photos
4.https://news.detik.com/berita/d-4724094/panglima-siapa-pun-gagalkan-pelantikan-presiden-terpilih-hadapi-tni

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/994414404224428/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here