[SALAH] Parutan Kelapa Bisa Sebabkan Kremian

36

[SALAH] Parutan Kelapa Bisa Sebabkan Kremian

Informasi seputar kesehatan yang tidak mempunyai kejelasan sumber valid sering kali muncul di masyarakat, tak terkecuali dengan informasi yang menyebut bahwa makan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian. Yang padahal setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melalui beberapa sumber terpercaya tidak ditemukan fakta yang mengatakan bahwa memakan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian.Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

Iklan Layanan Masyarakat

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI: Saya paham betul, bahwa teori generatio spontanea sudah runtuh sejak lama. Namun entah kenapa, alam bawah sadar saya selalu percaya bahwa cacing kermi yang ada di permukaan dubur itu adalah wujud penjelmaan dari kelapa parutan alias urap yang dimakan terlalu banyak===

PENJELASAN: Informasi seputar kesehatan yang tidak mempunyai kejelasan sumber valid sering kali muncul di masyarakat, tak terkecuali dengan informasi yang menyebut bahwa makan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian. Yang padahal setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melalui beberapa sumber terpercaya tidak ditemukan fakta yang mengatakan bahwa memakan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian.

Melansir dari kompas.com, melalui dr. Marlyn Cecilia Malonda menyebut bahwa informasi terkait dengan memakan parutan kelapa bisa menyebabkan kremian adalah mitos. Dr. Marlyn menjelaskan bahwa masyarakat harus mengetahui jika hal tersebut bisa saja terjadi apabila kelapa parut yang dikonsumsi terkontaminasi telur cacing kremi.

“Penularan cacing kremi bisa melalui sentuhan langsung dengan kulit atau benda atau makanan yang terkontaminasi cacing kremi” pungkas dr. Marlyn.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa parutan kelapa memiliki kandungan nutrisi yang baik. Terutama parutan kelapa dari daging buah yang lebih tua. Umumnya kepala yang lebih tua bertekstur kasar karena mengandung banyak serat, serta mengandung 30 persen minyak nabati yang lebih banyak dari kelapa muda.

===

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/12/080500065/kremian-akibat-makan-parutan-kelapa-mitos-atau-fakta-?fbclid=IwAR2q9IRDCR1d5opWN_SxNlE1Fat3XsgHsnvatRuQ0ao-wzfPTE__4oCs3Ikhttps://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nN9wvLek-makan-parutan-kelapa-menyebabkan-munculnya-cacing-kremi-dari-dubur


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here