[SALAH] Pasar Kadangan Ricuh – TurnBackHoax.ID

0


Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Infomasi tersebut tidak benar. Faktanya, kejadian pada video tersebut terjadi di Pasar Peunayong, Banda Aceh.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten Salah

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://bit.ly/3hrEkvN

= = = = =

NARASI:
“Kediri Pasar kandangan. Rakyat sdh muak sama kebijakan Rezim yang menyengsarakan, mengnyaraskan, mengnyengkasarkan….mbuhlah”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Toba Trader memposting video berdurasi 25 detik yang diklaim bahwa lokasi kejadian pada video tersebut di pasar kadangan. Dalam video tersebut tampak terjadi keributan dan beberapa orang terlihat melemparkan barang-barang.

Setelah ditelusuri melansir dari Kompas.com ditemukan informasi Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim) Gatot Repli Handoko membantah jika disebutkan lokasi kericuhan itu terjadi di Jatim.

“Di Kediri dan Benowo tidak ada kejadian tersebut,” tegas dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021) pagi.

Menurut penjelasan Gatot kejadian tersebut terjadi di daerah Aceh, tepatnya di Pasar Peunayong, Banda Aceh.

Keterangan yang sama juga datang dari Kapolsek Kandangan Polres Kediri Iptu Gatot Pesantoro. Setelah mendapatkan kiriman video tersebut pihaknya langsung melakukan pengecekan di Pasar Kandangan Kediri.

“(Di Pasar Kandangan) Tidak menemukan kerusuhan apapun, bahkan sepi karena diberlakukannya PPKM Darurat,” ujar dia melansir dari Kompas.com.

Gatot mengimbau masyarakat untuk selalu mencari kebenarannya terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya agar tidak menjadi kesalahpahaman.

Dengan demikian video kericuhan yang diklaim terjadi di Pasar Kandangan Kediri tidak benar. Kejadian pada video tersebut terjadi di Pasar Peunayong, Banda Aceh sehingga masuk dalam kategori konten salah.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/07/110000665/ramai-video-sebut-ricuh-pedagang-vs-petugas-ppkm-di-pasar-kandangan-kediri
https://youtu.be/nHigfq3yoP0
https://video.tribunnews.com/view/242778/viral-video-tawuran-satpol-pp-dan-pedagang-di-pasar-kandangan-kediri-begini-faktanya

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Previous article[SALAH] Campuran Air Panas dan Lemon, Rahasia Vietnam Tak Alami Kasus Kematian Akibat Covid-19
Next article[SALAH] Link untuk pengecekan penerima bantuan PPKM Rp300.000
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here