[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius

6

[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Hoaks berulang. Informasi tersebut sudah dibantah langsung oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya pada September 2020 lalu.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/wip/dR2HV

[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius

= = = = =

NARASI:
“,Ass Wr Wb,
Bpk/ibu anggota grup dimana pun berada dan tmn2 Mohon diinformasikan ke Warga, Saudara2 kita,Keluarga dan kenalan Anda !!!
Baru saja mendapat pesan. Sebuah Peringatan!!
Sekarang ada yang baru dan sedang terjadi. Orang datang dari jln ke jln,pintu ke pintu dan membagikan masker. Mereka mengatakan: “Ini ada pembagian masker dari pemerintah”. ( Hal itu lebih berhati2 utk menerimanya) Mereka meminta Anda mengenakan masker untuk difoto/ dilihat apakah masker tersebut cocok untuk Anda pakai. ( Sebagai laporan klo masker sudah sampai ke alamat ). masker yg sudah diberi bius, lalu mereka merampok atw merampas !! Tolong jangan ambil masker dari orang asing. Ingat, teman-teman, ini adalah waktu yang kritis, orang-orang putus asa, tingkat kejahatan meningkat selama periode Covid-19. Harap berhati-hati !!! setidaknya informasi ini mungkin bisa berguna dan bermanfaat utk kita semua…
Waspadalaah pada siapapun yg kita belum mengenalnya ..PESAN INI, Berantai Mohon di Bagikan kpd yg lain, agar mereka tau dan lebih hati2…🙏🙏🙏

TER-UTAMA BAGI REKAN²(tmn2) Yang Suka mengendarai MOTOR / MOBIL,,,,,,di-Mohon utk lebih WASPADA yaa,,,,
Ini adalah Modus Terbaru
*Demikian sekilas info mudah2an ada manfaatnya
*Terimakasih*🙏🏻”
= = = = =

PENJELASAN:

Kembali beredar sebuah pesan berantai berisi informasi untuk berhati-hati terhadap modus baru kejahatan yang menawarkan masker dari rumah ke rumah, serta para pengendara mobil maupun motor. Menurut informasi yang beredar bahwasannya masker tersebut telah diberi obat bius sehingga memudahkan si perampok dalam melancarkan aksinya.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut dibantah oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Yusri juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati hati dan tetap melakukan pengecekkan kebenaran informasi yang didapat dari media sosial.

Informasi terkait masker gratis yang mengandung obat bius juga sempat beredar dan telah dilakukan pemeriksaan faktanya oleh turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Bius” pada 14 September 2020.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook terkait pembagian masker gratis yang telah diberi obat bius tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

=====

REFERENSI:

https://turnbackhoax.id/2020/09/14/salah-pembagian-masker-gratis-dicampur-bius/

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4327034/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-soal-pembagian-masker-gratis-mengandung-obat-bius

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/07/05/2020/viral-pesan-berantai-pembagian-masker-terdapat-obat-bius-ini-faktanya/

https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-pembagian-masker-gratis-dicampur-bius

Penulis: Fachrun Nisa
Editor: Bentang Febrylian

[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius
[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius
[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius
[SALAH] Pembagian Masker Gratis Dicampur Obat Bius

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here