[SALAH] Penerbangan Space-X Cuma Editan, Buktinya, Masih Ada Manusia Duduk di Pinggiran Roket Saat Peluncuran Dimulai

2


Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Bukan Manusia. Sosok yang terlihat duduk di pinggiran roket saat dimulainya uji coba peluncuran adalah boneka/manekin.
Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.====KATEGORI: Konten yang Menyesatkan ====SUMBER: Twitterhttp://archive.today/Mmc6S ====NARASI:“Remember that time FakeX forgot to Photoshop out the guy sitting on their grain silo that they try and pass off as a “space ship”.(terjemahan)Ingatkah saat itu FakeX lupa untuk mem-Photoshop orang yang sedang duduk di grain silo, yang mana saat itu mereka mencoba untuk menjadi kapal luar angkasa.====PENJELASAN:Beredar postingan di Twitter oleh akun @TheFlatEartherr, yang mengklaim bahwa penerbangan roket Space-X ke luar angkasa, selama ini hanya editan. Hal itu dibuktikan dengan ditunjukkan gambar adanya sosok manusia, yang sedang duduk di ruang terbuka, tepat di pinggir grain silo (badan roket yang berbentuk tabung), saat prototipe Space-X sedang perjalanan menuju ruang angkasa.
Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, sosok yang dianggap manusia oleh akun @TheFlatEartherr sebenarnya adalah boneka/manekin. Manekin digunakan sebagai penggambaran ukuran Grasshoper dalam percobaan peluncuran roket Space-X. Grasshoper adalah prototipe roket lepas landas yang digunakan dalam percobaan peluncuran roket Space Exploration Technologies (SpaceX), sebelum roket benar-benar dilepas ke ruang angkasa.

Iklan Layanan Masyarakat

CEO Space-X, Elon Musk, menjelaskan bahwa boneka koboi yang diletakkan di roket Space-X digunakan sebagai penggambaran ukuran Grasshoper. Elon Musk mempostingan tweet-nya pada tahun 2012 saat percobaan roket Space-X tersebut dilaksanakan.
Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @TheFlatEartherr adalah HOAX dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

====

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/factcheck-spacex-mannequin/fact-check-spacex-test-flight-launched-featured-dummy-not-human-idUSL2N2NS27A

https://www.space.com/26042-spacex-grasshopper.html

https://twitter.com/elonmusk/status/283032287602413568?s=20 

https://twitter.com/elonmusk/status/283040346538115075

====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian



Source link

Previous article[SALAH] Video “Di Turki anggota DPR / MPR nya sebelum rapat diawali dengan membaca Al’Quran”
Next article[SALAH] Video “Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here