[SALAH] “pengawal biden sekarang dari pasukan Cina…”

10

[SALAH] "pengawal biden sekarang dari pasukan Cina..."

BUKAN pasukan Cina. Pengawal tersebut bernama David Cho, warga negara Amerika keturunan Korea, dan merupakan anggota Dinas Rahasia Amerika Serikat.
Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Satire / Parodi
===========================================

Akun Handaya Jaya (fb.com/handaya.jaya) pada 21 Januari 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar dengan narasi sebagai berikut:

Iklan Layanan Masyarakat

“pengawal biden sekarang dari pasukan Cina…. #kadrunmodeon”

[SALAH] "pengawal biden sekarang dari pasukan Cina..."

Sumber : https://archive.md/Ap9tV (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa pengawal Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sekarang dari pasukan Cina adalah klaim yang keliru.

Faktanya, bukan pasukan Cina. Pengawal tersebut bernama David Cho, warga negara Amerika keturunan Korea, dan merupakan anggota Dinas Rahasia Amerika Serikat.

Dilansir dari Medcom, klaim tersebut telah diperiksa oleh situs periksa fakta Snopes.com melalui laporan berjudul “Does Biden Have A ‘Chinese Bodyguard’?” dimuat pada 24 January 2021. Pada artikel itu dijelaskan, fakta bahwa agen yang dimaksud adalah agen Dinas Rahasia Korea-Amerika yang juga pernah bertugas di bagian keamanan mantan presiden Donald Trump. Pria tersebut bernama David Cho.

Cho pernah dianugerahi medali emas dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS untuk layanan luar biasa pada tahun 2019 atas negosiasinya dengan pejabat Korea Utara untuk mengatur keamanan kunjungan bersejarah Trump di sana, sambil tetap mengawasi perencanaan keamanan di kompleks Gedung Putih.

“Karena Cho adalah warga negara Amerika keturunan Korea, dan merupakan anggota Dinas Rahasia AS yang sudah lama mengabdi dan dihormati, klaim bahwa dia adalah orang Tiongkok dan agen PKC adalah Salah.” tulis Snopes dalam laporannya.

Foto identik juga dimuat NBC News melalui artikel berjudul “Why Koreans pointed out two ‘Joes’ at inauguration” dimuat pada 22 Januari 2021. Pada artikel itu dijelaskan bahwa foto David Cho, seorang agen Dinas Rahasia Amerika-Korea dilaporkan telah dipilih untuk menjalankan perlindungan untuk Presiden Joe Biden , ketika dia berdiri di belakang presiden pada pelantikan dengan cepat menjadi viral di antara komunitas Korea di Amerika Serika.

Cho, yang akan menjadi agen khusus Asia-Amerika pertama yang bertanggung jawab atas keamanan presiden, meminta orang Korea merayakan nilai-nilai tradisional keluarga mereka dengan cara yang unik. Cho, dilafalkan “Jo” dalam bahasa Korea, dengan cepat menjadi pelesetan, dengan beberapa orang mengatakan ada dua “Joes” dalam sorotan.

[SALAH] "pengawal biden sekarang dari pasukan Cina..."
[SALAH] "pengawal biden sekarang dari pasukan Cina..."
[SALAH] "pengawal biden sekarang dari pasukan Cina..."

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8Kylm53k-cek-fakta-viral-seorang-pengawal-joe-biden-diisukan-berasal-dari-pasukan-tiongkok-ini-faktanya
https://www.snopes.com/fact-check/biden-chinese-bodyguard/
https://www.nbcnews.com/news/asian-america/why-koreans-pointed-out-two-joes-inauguration-n1255221

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here