[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”

13

[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”

Berdasarkan laman luhutpandjaitan.id, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan setidaknya mempunyai tiga media sosial, yaitu halaman Facebook @luhutbinsar.pandjaitan, akun Instagram @luhut.pandjaitan dan Youtube Luhut Binsar Pandjaitan. Tidak disebutkan Menko Luhut mempunyai akun Twitter dengan nama @LuhutBinsarr.

=====

KATEGORI: Fabricated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

1. “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu,” tulis akun Facebook Bhang Rhamlee atau @aghen.thanah, Rabu (1/4).

2. “Kalian kalo tidak suka sama saya ngomong ke saya, bisa via DM, via wa, bukan bikin tranding #LuhutPengkhianatRI Saya malus ama keluarga di rumah,” akun Facebook Bhang Rhamlee atau @aghen.thanah mengunggah screenshot Twitter atas nama Luhut Binsar Panjaitan atau @LuhutBinsarr, Rabu (1/4).

=====

PENJELASAN:

[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”
[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”

Akun Facebook Bhang Rhamlee atau @aghen.thanah mengunggah screenshot atau tampilan layar Twitter dengan nama Luhut Binsar Panjaitan atau @LuhutBinsaar yang isinya keluhan terhadap trending #LuhutPengkhianatRI. Berikut isi cuitannya:

“Kalian kalo tidak suka sama saya ngomong ke saya, bisa via DM, via wa, bukan bikin tranding #LuhutPengkhianatRI Saya malus ama keluarga di rumah,” akun Facebook Bhang Rhamlee atau @aghen.thanah mengunggah screenshot Twitter atas nama Luhut Binsar Panjaitan atau @LuhutBinsarr, Rabu (1/4).

Akun @aghen.thanah juga menambahkan narasi yang berbunyi, “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu,” tulisnya, Rabu (1/4).

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan dan tulisan dari akun Facebook @aghen.thanah adalah tidak benar atau keliru.

Dilansir dari medcom.id diketahui Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mempunyai situs resmi dengan nama luhutpandjaitan.id. Di sana disebutkan Luhut, setidaknya hanya memiliki akun resmi di tiga media sosial. Yaitu halaman Facebook @luhutbinsar.pandjaitan, akun Instagram @luhut.pandjaitan dan Youtube Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut tampak aktif hanya di akun-akun ini.

Seperti di Facebook, unggahannya yang terbaru berkaitan dengan kebijakan mudik di tengah pandemi virus korona atau covid-19. Ia berharap ketika kebijakan mudik diberlakukan, pembatasan sosial dan fisik harus tetap berlangsung dan mereka yang tidak sanggup bekerja dan berpenghasilan di masa-masa sulit ini, masih bisa bertahan hidup dengan bantuan dari pemerintah.

“Saya ingin tidak ada satupun warga yang bertambah sulit hidupnya di masa-masa sulit seperti ini,” kata Luhut, Selasa (31/3).

Selain itu, diketahui akun Twitter atas nama @LuhutBinsarr juga sudah tidak ada.

Unggahan akun Facebook @aghen.thanah dalam kategori misinformasi atau disinformasi dari First Draft dapat masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”
[SALAH] “Pengumuman Dia Masih Punya Stok Malu”

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/4duxk
2.https://web.facebook.com/aghen.thanah/posts/127428085521167
3. https://twitter.com/LuhutBinsarr
4.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GKdOw30k-tagar-luhutpengkhianatri-trending-di-twitter-luhut-malu
5. https://luhutpandjaitan.id/kontak/

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1151368098529057/




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here