[SALAH] Pertarungan Pilpres 2024 Mengerucut Dua Pasang Calon

18

[SALAH] Pertarungan Pilpres 2024 Mengerucut Dua Pasang Calon

Unggahan akun Facebook Adib Widodo adalah salah. KPU belum menentukan jadwal pilpres 2024 dan menetapkan pasangan calon. Partai politik pun diketahui belum memutuskan bakal calon yang akan diusung mereka.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

[SALAH] Pertarungan Pilpres 2024 Mengerucut Dua Pasang Calon

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/EMr6u )

=====

NARASI:

“Pertarungan Calon Presiden RI 2024 mendatang Mengerucut tinggal dua Nama.
Capres no 1.
Habib Rizieq Shihab-Abdul Somad.
Capres No 2.
Gangjar Pranowo-Sandal Jepit Amoh.
Anda berhak menentukan Pilihan Demokrasi diajang Pilpres mendatang. Karena Suara anda menentukan Perjalanan dan Arah Bangsa ini.
Falsafah Jawa : Ibarat Telor ingin tahu #DadarE, ibarat Keris ingin tahu Ajine, Ibarat Buah ingin tahu RasanE.
#Monggo..,” tulis akun Facebook Adib Widodo atau @adib.widodo.9 dengan mengunggah foto tokoh FPI, Habib Rizieq Shihab (HRS) yang disandingkan dengan Ustadz Abdul Somad dengan diberi nomor 1 dan foto Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo yang disandingkan dengan sandal japit dan diberi nomor 2 pada Jumat (14/8).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Adib Widodo atau @adib.widodo.9 mengunggah foto tokoh FPI, Habib Rizieq Shihab (HRS) yang disandingkan dengan Ustadz Abdul Somad (UAS) dengan diberi nomor 1 dan foto Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo yang disandingkan dengan sandal japit dan diberi nomor 2 pada Jumat (14/8).

Dalam unggahan tersebut dituliskan narasi yang intinya mengatakan bahwa pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 nanti telah mengerucut dua pasang calon presiden dan wakil presiden. Pasangan calon pertama yakni HRS yang berpasangan dengan UAS dan pasangan calon kedua yakni Gubernur Ganjar dengan sandal japit.

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, faktanya unggahan akun Facebook Adib Widodo adalah salah atau keliru.

Dengan mengetikan kalimat “pilpres 2024 mengerucut dua nama” tidak ditemukan berita dari media daring seperti yang dimaksudkan oleh unggahan akun Facebook Adib Widodo. Diketahui juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan jadwal pilpres 2024 dan menetapkan pasangan calon yang akan berkompetisi di pilpres. Begitu juga partai politik, mereka belum memutuskan bakal calon yang diusung pada pilpres 2024.

Ada pun, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan HRS dan UAS punya peluang untuk maju pilpres 2024, namun tak hanya mereka tetapi juga elit-elit lainnya. “Para tokoh, baik yang di parpol ataupun ormas punya peluang maju di Pilpres 2024. Habib Rizieq dan Ustaz Abdul Somad seperti juga para ketua parpol, para menteri dan utamanya para kepala daerah yang sukses punya peluang maju Pilpres 2024,” katanya.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Adib Widodo yang menyatakan bahwa ada dua pasang calon yang mengerucut pada pilpres 2024, menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang menyesatkan dengan definisi penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

=====

[SALAH] Pertarungan Pilpres 2024 Mengerucut Dua Pasang Calon
[SALAH] Pertarungan Pilpres 2024 Mengerucut Dua Pasang Calon

REFERENSI:

1. https://archive.fo/EMr6u
2.https://www.facebook.com/adib.widodo.9/posts/1490082577857176?_rdc=1&_rdr
3. https://news.detik.com/berita/d-5126897/pks-habib-rizieq-uas-punya-peluang-maju-pilpres-2024


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here