[SALAH] Pondok Pesantren dan Rumah Para Kyai di Madura Dikelilingi Drone yang Menyemprotkan Cairan Mematikan

7


Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Mohon di instruksikan kepada seluruh ponpes untuk menyiapkan senapan angin untuk menembak drone yang berkeliling pondok malam hari

Ini testimoni orang Madura , pondok pesantren dan rumah para kyai di kelilingi drone yang menyemprotkan cairan sehingga meninggal dunia, hal yang sama terjadi di ponpes Gontor Putri Mantingan”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang menginstruksikan kepada seluruh pondok pesantren untuk menyiapkan senapan angin guna menembak drone yang mengelilingi area pondok di malam hari. Pesan tersebut juga menyatakan bahwa pondok pesantren dan rumah para kyai di Madura dikelilingi drone yang menyemprotkan cairan mematikan, seperti yang terjadi di Pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan, Ngawi.

Melansir dari regamedianews.com, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sampang, Amrin Hidayat menyatakan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Amrin juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita yang tidak jelas sumbernya. Lebih lanjut, tidak ditemukan berita mengenai kasus drone yang menyemportkan cairan mematikan di Pondok Pesantren Gontor Putri Mantingan.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui pesan berantai di WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

Beredar Isu Drone Semprotkan Virus ke Pesantren di Madura, Ini Kata Kadiskominfo Sampang

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4KZ2nB6K-cek-fakta-drone-dikirim-ke-rumah-ulama-untuk-semprotkan-virus-mematikan-ini-faktanya

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

Source link

Previous article[SALAH] Foto Akting Plandemi Kantong Mayat Palsu di India
Next article[SALAH] Berkumur dengan Air Garam dan Meminum Air Hangat Dapat Membunuh Virus Corona di Dalam Perut
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here