[SALAH] “Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker”

79

[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"

Isu lama beredar kembali dan dikaitkan dengan Covid-19. WHO menyatakan tidak ada bukti bahwa obat saat ini dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit. WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apa pun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau penyembuhan untuk COVID-19. Selain itu, klaim bahwa lemon panas dapat membunuh sel kanker adalah klaim yang tidak didukung oleh bukti medis yang kredibel.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Iklan Layanan Masyarakat

Beredar narasi yang berisi narasi sebagai berikut:

“Halo, saya Laila Ahmadi dari Tiongkok, mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran di Universitas Zanjan.
Virus Corona atau COVD-19 akan mencapai negara mana saja cepat atau lambat, dan tidak ada keraguan bahwa banyak negara tidak memiliki kit atau peralatan diagnostik canggih. Silakan gunakan vitamin C alami sebanyak mungkin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Saat ini, virus tidak mengandung vaksin atau perawatan khusus. Sayangnya, karena mutasi genetik yang membuatnya sangat berbahaya. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh penggabungan gen antara ular dan kelelawar, dan telah memperoleh kemampuan untuk menginfeksi mamalia, termasuk manusia.
Penting untuk memiliki pengetahuan yang lebih besar tentang penyakit ini: Profesor Chen Horin, CEO Rumah Sakit Militer Beijing, mengatakan: “Irisan lemon dalam segelas air hangat dapat menyelamatkan hidup Anda”.
Jadi, apa pun yang Anda lakukan, lihat pesan ini dan bagikan kepada orang lain!
Lemon panas dapat membunuh sel kanker! Potong lemon menjadi tiga bagian dan masukkan ke dalam gelas, lalu tuangkan air panas dan ubah menjadi (air alkali), minumlah setiap hari, itu pasti akan menguntungkan semua orang. Perawatan dengan ekstrak ini hanya menghancurkan sel-sel ganas dan tidak mempengaruhi sel-sel sehat.
Kedua, asam karboksilat dalam jus lemon dapat mengatur tekanan darah tinggi, melindungi pembuluh darah sempit, mengatur sirkulasi darah dan mengurangi pembekuan darah.
Setelah membaca pesan, pindahkan ke orang yang Anda cintai dan jaga kesehatan pribadi Anda.
Saran: Profesor Chen Horin mencatat bahwa siapa pun yang menerima pesan ini setidaknya dijamin untuk menyelamatkan hidup seseorang … Saya melakukan pekerjaan saya dan saya harap Anda dapat membantu saya mengembangkannya juga.”

Sumber : Whatsapp

[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa lemon panas dapat membunuh sel kanker adalah klaim yang tidak didukung oleh bukti medis yang kredibel. Ini adalah isu lama yang beredar kembali dan dikaitkan dengan wabah virus Corona atau Covid-19.

WHO menyatakan tidak ada bukti bahwa obat saat ini dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit. WHO tidak merekomendasikan pengobatan sendiri dengan obat apa pun, termasuk antibiotik, sebagai pencegahan atau penyembuhan untuk COVID-19. Namun, ada beberapa uji klinis yang sedang berlangsung yang mencakup obat-obatan barat dan tradisional. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.

Selain itu, klaim bahwa lemon panas dapat membunuh sel kanker sendiri adalah klaim yang sudah sejak lama beredar dan dibantah. Salah satunya artikel yang diterbitkan oleh Snopes.com pada tahun 2011.

Artikel yang berjudul “Do Lemons Cure Cancer?” ini menyatakan bahwa bahwa lemon “membunuh sel kanker” dan “10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi” tidak didukung oleh bukti medis yang kredibel.

Memang benar dalam arti umum bahwa lemon (dan buah jeruk pada umumnya) memberikan sejumlah manfaat gizi dan kesehatan yang bermanfaat. Beberapa makalah akademis yang diterbitkan dalam dekade terakhir juga menunjukkan bahwa lemon, serta buah jeruk lainnya, mungkin memiliki beberapa sifat anti kanker yang substansial.

Namun, yang terbaik yang dapat dikatakan pada titik ini adalah bahwa buah jeruk berpotensi mengandung sifat anti-kanker yang dapat membantu menangkal kanker. Tidak ada penelitian ilmiah atau medis terkemuka yang melaporkan bahwa lemon secara definitif ditemukan sebagai “obat yang terbukti melawan kanker dari semua jenis,” juga tidak ada “produsen obat terbesar di dunia” (tidak disebutkan namanya) “melaporkan bahwa lemon adalah” 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi “dan bahwa konsumsi mereka dapat” menghancurkan sel-sel [kanker] ganas. ” Semua klaim itu hiperbola dan berlebihan tidak didukung oleh fakta.

Terkait dengan nama ‘Laila Ahmadi dari Tiongkok, mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran di Universitas Zanjan’ dan ‘Profesor Chen Horin, CEO Rumah Sakit Militer Beijing’, berikut hasil periksa fakta dari AFP;

Meskipun tidak ada universitas seperti itu di Cina, pencarian Google mengungkapkan “Leila Ahmadi” yang bekerja di departemen kebidanan di Universitas Ilmu Kedokteran Zanjan di Iran. Menurut situs web universitas, Ahmadi adalah seorang dosen dan memegang gelar master dalam kebidanan. AFP menghubunginya tetapi belum menerima balasan.

Tulisan juga menyebutkan “Profesor Chen Horin, CEO Rumah Sakit Militer Beijing”, yang mengatakan bahwa minum lemon dan air hangat “dapat menyelamatkan hidup Anda”. AFP tidak menemukan jejak profesor.

[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"
[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"
[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"
[SALAH] "Profesor Chen Horin mengatakan Lemon panas dapat membunuh sel kanker"

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/03/14/edukasi-who-saran-penyakit-coronavirus-covid-19-untuk-umum-membantah-mitos/
https://www.snopes.com/fact-check/lemon-cancer-cure/
https://factcheck.afp.com/false-claims-drinking-water-lemon-can-prevent-covid-19-circulate-online
https://africacheck.org/fbcheck/no-hot-lemon-water-doesnt-kill-cancer-cells/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here