[SALAH] “PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR”

11

[SALAH] "PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR"

Ali Mochtar Ngabalin hanya berkunjung dalam rangka memenuhi undangan di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 16 September 2018 dan klaim tentang Presiden Jokowi akan dibaptis ulang dan mengganti nama menjadi Herbartus ternyata adalah hoaks lama bersemi kembali. Isu tersebut sudah beredar sejak 2014 lalu, saat Jokowi ikut bertarung dalam Pilpres periode pertama.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
============================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Novi Hardian (fb.com/VIP.Accout.Novi.mc4) mengunggah beberapa foto dengan narasi sebagai berikut:

“PENYAMARAN YANG AKHIRNYA TERBONGKAR JUGA.
PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR…
SERAPAT APAPUN MENYIMPAN BANGKAI PASTI AKAN MENYENGAT JUGA BAU BUSUKNYA”

Foto yang diunggah adalah foto Ali Mochtar Ngabalin sedang di dalam sebuah gereja. Juga foto dan video yang berisi klaim bahwa Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) akan dibaptis berubah nama Herbartus.

[SALAH] "PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR"

Sumber : https://archive.vn/B9al6 (Arsip)
============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim Ali Mochtar Ngabalin berpura-pura jadi muslim padahal kafir dan adalah Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) akan dibaptis berubah nama Herbartus klaim yang salah.

Faktanya, Ali Mochtar Ngabalin hanya berkunjung dalam rangka memenuhi undangan di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 16 September 2018 dan klaim tentang Presiden Jokowi akan dibaptis ulang dan mengganti nama menjadi Herbartus ternyata adalah hoaks lama bersemi kembali. Isu tersebut sudah beredar sejak 2014 lalu, saat Jokowi ikut bertarung dalam Pilpres periode pertama.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin mengunjungi ibadah minggu di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kedatangan Ngabalin langsung disambut oleh Gembala Sidang GBI Mawar Saron Pendeta Jacob Nahuway. Ngabalin tiba sekitar pukul 11.15 WIB. Ia dipersilakan Pendeta Jacob naik ke atas panggung untuk menyapa jemaat. Belum diketahui tujuan Ngabalin datang ke GBI Mawar Saron. Namun di sela-sela ibadahnya, Pendeta Jacob sempat mengungkapkan Ngabalin datang untuk memenuhi undangan dari GBI Mawar Saron.

Sementara itu, bantahan terkait nama babptis Jokowi adalah Hebartus sudah berkali-kali di periksa faktanya oleh Mafindo, seperti pada artikel “[FITNAH] Jokowi Nama Lahirnya Herberthus” yang tayang pada 14 Oktober 2017. Kemudian “[SALAH] Inisial “H” di Nama Jokowi Ternyata Kepanjangan dari Herbertus” yang tayang pada 22 Juli 2020.

Dilansir dari detik.com, RS Brayat Minulyo, yang terletak di Jalan Doktor Setiabudi, Solo, Jawa Tengah, menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi Presiden RI Joko Widodo. Di tempat ini, Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo, dilahirkan pada Rabu Pon, 21 Juni 1961.

Semua catatan kelahiran dan riwayat medis kelahiran Jokowi sampai saat ini masih tersimpan rapi di ruang arsip rumah sakit tersebut. Berdasarkan fotokopi akta kelahiran yang dikeluarkan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Surakarta pada 3 November 1988, yang diperoleh detikX, Jokowi lahir dari pasangan Sujiatmi dan Notomiharjo.

Akta kelahiran itu dilegalisir pada Maret 2005 saat Jokowi hendak maju menjadi calon Wali Kota Solo. Saat melahirkan Jokowi, Sujiatmi bersama suaminya, yang bernama lengkap Wijiatno Notomiharjo, tinggal di Srambatan, Solo.

Berdasarkan keterangan Mukiyem, pengasuh Jokowi semasa kecil, kakek dan nenek Jokowi sempat membawa cucunya itu ke Giriroto setelah dilahirkan. Ia juga mengatakan, saat masih bayi, Jokowi diberi nama Mulyono. Namun, karena sering sakit-sakitan, namanya kemudian diganti menjadi Joko Widodo hingga sekarang.

[SALAH] "PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR"
[SALAH] "PURA PURA MUSLIM TERNYATA KAFIR"

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here