[SALAH] Relawan Siaga Meluncurkan Program Pengisian Oksigen Gratis

0


Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Infomasi tersebut salah. Pihak Relawan Siaga mengklarifikasi perihal “Satgas Oksigen” saat ini masih dalam tahapan persiapan di internal dan belum diluncurkan secara resmi kepada publik sehingga belum melakukan aksi di lapangan
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://bit.ly/3hzxCno

= = = = =

NARASI:
“INFO OKSIGEN “
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook bernama Nazaruddin memposting sebuah gambar yang di dalamnya terdapat logo dari Relawan Siaga. Informasi pada gambar tersebut adalah Relawan Siaga yang bisa menjemput dan mengisikan tabung oksigen gratis untuk pasien Covid-19 serta disebutkan juga syarat dan ketentuan pada gambar tersebut.

Setelah ditelusuri pada akun Instagram resmi Relawan Siaga yaitu @relawan_siaga telah mengklarifikasi pada salah satu postingan yang diunggah pada 10 Juli 2021. Dalam postingan tersebut membenarkan bahwa DPP Relawan Siaga sedang mempersiapkan perihal “Satgas Oksigen” untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, tapi saat ini masih dalam tahapan persiapan di internal dan belum diluncurkan secara resmi kepada publik sehingga belum melakukan aksi di lapangan.

Pihak Relawan Siaga juga mohon kepasa pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang ikut menyebarkan Foto /Gambar / Screen Shoot / Screen Capture tentang “Satgas Oksigen” untuk berhenti membagikan hal tersebut karena DPP Relawan Siaga belum secara resmi meluncurkan gerakan tersebut.

Pada postingan tersebut juga memberitahu jika saat ini ada oknum yang melakukan pengambilan tabung oksigen, pihak Relawan Siaga memastikan hal tersebut bukan dari Relawan Siaga, untuk itu mohon untuk tidak dilayani.

Lebih lanjut pihak Relawan Siaga menjelaskan jika proses persiapan sudah final, DPP Relawan Siaga akan selalu siap membantu masyarakat yang saat ini memerlukan dukungan oksigen atau obat-obatan lainnya. Untuk kedepannya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah agar rencana tersebut segera terlaksana.

Jika ada hal penting lainnya terkait hal tersebut, DPP Relawan Siaga akan menyampaikan secara resmi melalui akun Instagram resmi DPP Relawan Siaga (@Relawan_Siaga)

Dengan demikian postingan yang diunggah oleh Nazaruddin tidak benar. Pihak Relawan Siaga mengklarifikasi perihal “Satgas Oksigen” saat ini masih dalam tahapan persiapan di internal dan belum diluncurkan secara resmi kepada publik sehingga belum melakukan aksi di lapangan sehingga masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/CRJe1OsHUSj/?utm_medium=copy_link

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian



Source link

Previous articleUrgensi kader PMII Dikampus? Ini Alasan Pentingnya Memahami Antropologi Kampus
Next article[SALAH] Racikan Air Kelapa Muda, Jeruk Nipis, Garam, dan Madu dapat Membunuh Virus Covid-19
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here