[SALAH] Said Aqil Disebut “Jadi Humas Pemerintah China”

20

[SALAH] Said Aqil Disebut “Jadi Humas Pemerintah China”

Artikel berjudul “Said Aqil: Akhlak China Itu Lebih Baik Ketimbang Arab!!” yang ditayangkan oleh OPERAINFF.BLOGSPOT.COM dengan ditambahkan tulisan “Jadi Humas Pemerintah China” oleh akun Facebook Salbut Mareyh dan akun Muhammad Said adalah tidak benar dan tidak ditemui beritanya di media daring yang kredibel. Sampul foto yang digunakan oleh situs dan akun Facebook tersebut, aslinya adalah karya foto dari Jurnalis Tribun News, Dennis Destryawan yang digunakan dalam artikel berjudul “Ketum PBNU: Kampanye di Pesantren Dilarang, Silaturahmi Boleh”.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Misleading Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Jadi Humas Pemerintah China. Said Aqil: Akhlak China Itu Lebih Baik Ketimbang Arab!!,” posting akun Facebook Salbut Mareyh atau @salbut.mareyh.5, Rabu (11/3).

=====

PENJELASAN:

[SALAH] Said Aqil Disebut “Jadi Humas Pemerintah China”
[SALAH] Said Aqil Disebut “Jadi Humas Pemerintah China”

Akun Facebook Salbut Mareyh atau @salbut.mareyh.5 mengunggah screenshot atau tampilan layar dari OPERAINFF.BLOGSPOT.COM yang bertajuk “Said Aqil: Akhlak China Itu Lebih Baik Ketimbang Arab!!” dengan tambahan tulisan “Jadi Humas Pemerintah China”. Diketahui postingan akun @salbut.mareyh.5 ini sebelum sudah diunggah terlebih dahulu oleh akun Facebook Muhammad Said di Grup Facebook 🎖Pandawa Lima “Bersama Mereka Indonesia Pasti Hebat”🎖.

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, faktanya tidak ditemukan berita dari media daring yang terverifikasi di Dewan Pers atau mempunyai susunan dan alamat redaksi yang jelas yang memberitakan serupa dengan tajuk yang dibagikan oleh OPERAINFF.BLOGSPOT.COM, akun Facebook Muhammad Said dan akun Facebook @salbut.mareyh.5.

Faktanya foto Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj yang menjadi sampul dalam tajuk tersebut sebenarnya adalah karya foto dari Jurnalis Tribun News, Dennis Destryawan. Foto itu digunakan dalam artikel berjudul “Ketum PBNU: Kampanye di Pesantren Dilarang, Silaturahmi Boleh” yang ditayangkan pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Dalam kategori misinformasi dan disinformasi yang dibuat oleh First Draft, unggahan akun Facebook Muhammad Said dan akun Facebook @salbut.mareyh.5. dapat masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Diketahui konten yang ditayangkan oleh OPERAINFF.BLOGSPOT.COM dan diposting akun Facebook Muhammad Said serta akun Facebook @salbut.mareyh.5. kini sudah dihapus oleh mereka.

[SALAH] Said Aqil Disebut “Jadi Humas Pemerintah China”

=====

REFERENSI:

1.https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/555224995122790/
2.https://www.facebook.com/groups/184388035715453/permalink/761475378006713/
3. https://www.blogger.com/blogin.g?blogspotURL=https://operainff.blogspot.com/2018/
4.https://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2018/10/21/ketum-pbnu-kampanye-di-pesantren-dilarang-silaturahmi-boleh
5.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akW54eWN-ketum-pbnu-jadi-humas-pemerintah-tiongkok-ini-faktanya

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1132361323763068/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here