[SALAH] “sekarang angkut mayat gak lg pake Ambulance”

0


Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Informasi tersebut salah. Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, mengonfirmasi bahwa foto truk pengangkut jenazah yang beredar di sosial media itu hanyalah sebuah simulasi.

Iklan Layanan Masyarakat

===
Kategori: Konten yang Menyesatkan

===
Sumber: Facebook
https://archive.md/QRVfg

===
Narasi:
“Hati-hati jakarta mengganas , sekarang angkut mayat gak lg pake Ambulance, biar cepet pakai Truck must 12 Peti #stay safety guys dmn pun berada tetAp Patuhi protokol#”

===
Penjelasan:
Akun Facebook bernama Feny mengunggah postingan yang mengklaim bahwa pengangkatan jenazah saat ini menggunakan truk akibat kondisi yang mengkhawatirkan di Jakarta. Narasi dengan klaim tersebut diunggah pada tanggal 22 Juni 2021, dalam postingannya Ia juga menyematkan Foto truk yang bertuliskan “Mobil Angkutan Jenazah” dengan plat nomor merah B 9280 POR.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut tidak benar. Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, mengonfirmasi bahwa foto truk pengangkut jenazah yang beredar di sosial media itu hanyalah sebuah simulasi alias percobaan “Itu simulasi,” ujar Suzi kepada tim CNNIndonesia.com, Selasa (22/6).

Lebih lanjut, Suzi juga menjelaskan lebih detail perihal kelanjutan simulasi tersebut. Suzi mengaku belum mengetahui pasti rencana pengangkutan peti jenazah Covid-19 menggunakan truk akan direalisasikan atau tidak dalam waktu dekat.

Menanggapi beredarnya informasi tersebut, Kapusdatin Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo juga memastikan hingga saat ini pihaknya masih menggunakan ambulans untuk mengantar jenazah Covid-19 ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Dengan demikian, klaim bahwa pengangkatan jenazah saat ini menggunakan truk adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

===
Referensi:

  1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210622135544-20-657757/viral-jenazah-covid-diangkut-truk-hanya-simulasi
  2. https://www.medcom.id/nasional/metro/0kpor3Lb-viral-truk-pengangkut-jenazah-covid-19-ini-penjelasan-dinas-pertamanan-dki
  3. https://www.kompas.tv/article/186424/viral-foto-truk-pengangkut-jenazah-wagub-dki-sejauh-ini-ambulans-masih-memadai
  4. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/aNr9JV2K-dinas-pertamanan-dki-pastikan-jenazah-covid-19-tetap-diangkut-dengan-ambulan

Source link

Previous articleMenjadi Orang Sukses itu Prosesnya Lama, Perjuangannya Berat
Next article[SALAH] Foto Daftar Obat Dari RS Yang Bisa Digunakan Sendiri oleh Pasien Covid-19
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here